ANALISIS STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH CIRCLE STORE DI KABUPATEN BONE: PENDEKATAN SWOT SEBAGAI KUNCI SUKSES BISNIS LOKAL

Authors

  • Rianto Rianto Institut Agama Islam Negeri Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Hamdan Hamdan Institut Agama Islam Negeri Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Andi Sari Manja Institut Agama Islam Negeri Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/dialogika.v5i2.8454

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Circle Store menjadi sorotan dengan berbagai kekuatan dan tantangan yang dihadapi dalam era bisnis yang dinamis, Fenomena ini menjadi pusat penelitian untuk memahami secara mendalam kekuatan internal dan peluang eksternal yang dimiliki, serta kelemahan dan ancaman yang mungkin dihadapi oleh Circle Store. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi performa bisnis UMKM Circle Store, khususnya melalui pendekatan SWOT. Metode penelitian kualitatif digunakan, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait, hal ini dapat diidentifikasi melalui faktor internal dan faktor eksternal, Internal Strategic Factors Analysis Summary (IFAS) dan Eksternal Strategic Factors Analysis Summary (EFAS), serta matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor internal atau IFAS memperoleh nilai keseluruhan 3,51 sedangkan faktor eksternal atau EFAS memperoleh nilai keseluruhan 3,82. Hal ini dapat mengoptimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalisir kelemahan dan ancaman yang ada.

Keywords:

Keunggulan Bersaing, UMKM, Pendekatan SWOT

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, T. dan Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arfianti & Nurinaya, A. (2018). Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada PT. Tri Mega Syariah Kantor Cabang Makassar. Economix, 6.

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2).

Elyarni, R. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. Jurnal, Universitas Indraprasta PGR.

Irsa, Febriansyah Anugrah. Fenomena Tren Fashion jalanan dalam presfektif komunikasi lintas budaya. In kumparan.com. Entretainment. 2022.

Kamaludin, K. (2018). Analisis Modal Usaha Di Masyarakat Pedesaan. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 49–60.

Kamaludin, K. (2019). Analisis Soft Skill Bagi Pelaku Usaha Mikro Dalam Persaingan Bisnis Modern. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(3), 110–123

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang.. Jurnal INTEKNA, 14(2)

Rangkuti, F. (2015) Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sary, D. O. (2019). Analisis Faktor Eksternal Dan Internal Sebagai Dasar Perumusan Strategi Bisnis Ud Sekar Jati Star Jombang. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 6(3). 2019.

Sidik, R. (2022). Strategi Bersaing Dengan Metode Swot Pada Ukm Kerajinan Tas Purnama Tanggulangin. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Politiik, 1(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategi. Edisi pertama. Yogyakarta : Andi.

Downloads

Abstract Views : 11
Downloads Count: 5

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles