PERAN PASAR DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MENURUT PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus: Pasar “Beringin” Desa Bulangan Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik)

Authors

  • Nafidatun Nikmah Institut Pesantren Sunan Drajad Lamongan
  • Kholifatur Rosidah Institut Pesantren Sunan Drajad Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31949/dialogika.v4i2.7958

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan sejauh mana pentingnya peran pasar desa terhadap perekonomian masyarakat. Pasar desa adalah pasar tradisional yang berkedudukan di desa dan dikelola serta dikembangkan oleh Pemerintah Desa dan masyarakat desa. Dimana Pasar desa Bulangan ini sangat menguntungkan bagi warga desa sendiri yang terlibat langsung, selain dimudahkan dalam akses jual beli barang, juga mampu meningkatkan ekonomi pedagang yang merupakan masyarakat desa. Semakin berkembangnya pasar desa maka semakin mensejahterakan kehidupan dan pendapatan warga di desa ini. Teknik analisis dengan melakukan pendekatan kualitatif, dan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pedagang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pasar desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat telah berhasil hal ini terbukti dari masih banyaknya masyarakat yang menggantungkan mata pencahariannya pada pasar desa ini dengan penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. dan pengeluaran yang minim bagi masyarakat ekonomi lemah, sehingga mampu memenuhi kebutuhannya. Tinjauan ekonomi Islam terhadap peran pasar “Beringin” desa Bulangan bisa dilihat dari kemaslahatan pedagangnya, adanya pasar ini sangat membantu terlebih maslahah yang masyarakat rasakan. 

Keywords:

Peran Pasar Desa, Perekonomian Masyarakat, Ekonomi Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, B., & Handayani, B. (2022). Media Sosial dan Program “Jogo Tonggo” Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Etnografi Digital. Jurnal DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 4(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/dialogika.v4i1.7949

Aziz, A. (2013). Etika Bisnis Perspektif Islam. Bandung: Alfabeta

Basri, S. M. (2017). Peranan Pasar Tradisional dalam meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Digilib Universitas Muhammadiyah Makassar.

Jaya, A. (2022). Pembangunan Manusia Dalam Perspektif Ekonomi Islam Untuk Mencapai Falah. Jurnal DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 4(1), 33–38. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/dialogika.v4i1.3744

Kamaludin, K. (2018). Analisis Modal Usaha Di Masyarakat Pedesaan. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 49–60.

Kamaludin, K. (2020). Analisis Hard Skill Sebagai Pondasi Bisnis Bagi Pelaku Usaha Mikro. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(5), 120. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i5.1159

Kamaludin, K. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Bagi Pelaku Usaha Mikro Di Era Revolusi Industri 4.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(1), 1–19. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i1.6371

Kerjil, M. A dkk. (2022). Peran Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Bolongitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efesiensi.Vol 22 No.8.

Maskuroh, N. (2019). Peran Pasar Tradisional dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Menurut Prespektif Ekonomi Islam( Studi Kasus Pasar Yosomulyo Pelangi Kecamatan Metro Pusat Kota Metro ). Digilib IAIN Metro.

Nugrahini, E.S. (2020). Potensi Pasar Desa Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam Studi Kasus Pasar Senggol Desa Bangoan Tulungagung”. Digilib (IAIN Tulungagung).

Prastiyanti, E. (2023). Peranan Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Sayuran dalam Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Pada Pasar Tradisional Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah ), Digilib (UIN Raden Intan Lampung),

Pratiwi Ate. I. E. (2022). Peran Pasar Desa dalam Meningkatkan Ekonomi Pedagang menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal ICO EDUSHA. Vol 3 No 1.

Ranggayoni, S. (2023). Peran Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pasar Ulee Kareng di Kota Banda Aceh). Digilib UIN Ar-Raniry.

Rivai, V., dan Antoni Nizar Usman, A. N (2012). Islamic Economic and Finance. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sari, S. N (2022). Peran Pasar Desa Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Menurut Presperktif Ekonomi Syariah. Digilib UIN Fatmawati Soekarno

Syaukani, Al-Imam Muhammad bin Ali bin Muhammad. (2009). Tafsir Fathul Qadhir Jilid 5. Jakarta : Pustaka Azzam.

Widyatama, A. (2019). Peran Kearifan Lokal Pasar Desa Dalam Perekonomian Masyarakat. Jurnal Keuangan dan Perbankan.

Yulianti, D., Musthofa, M. A., & Yatima. K. (2021). Analisis Peran Pasar Tradisional Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Lagan Tengah Kecamatan Geragai. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan.

Downloads

Abstract Views : 187
Downloads Count: 262

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles