PENTINGNYA SOCIAL PROOF DALAM DIGITAL MARKETING

(Studi Pada Marketplace Shopee)

Authors

  • Nafidatun Nikmah Institut Pesantren Sunan Drajad Lamongan
  • Nur Zaidah Institut Pesantren Sunan Drajad Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31949/dialogika.v4i1.7823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mengukur sejauh mana pentingnya social proof dalam digital marketing (study kasus pada marketplace shoppee). Digital marketing adalah sebuah pemasaran yang dilakukan melalui internet atau media online, Belanja online saat ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Keputusan berbelanja online dipengaruhi oleh beberapa hal Salah satunya social proof. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penulis menganalisis data berdasarkan informasi yang didapat dari literasi buku, jurnal dan karya ilmiah lainya. Dari hasil yang didapatkan bahwa peran Social proof menjadi kontrol yang penting di media social, karena Social proof merupakan salah satu strategi marketing yang sangat diandalkan oleh para marketer & business owner saat ini untuk mengembangkan bisnisnya.

 

Keywords:

Social proof, Marketing, Conten, Online, Shopee

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriani F. 2023. “Social dalam user experimental”, (Universitas Muria Kudus: Repository).

Dwi Ika Sugiarti dan Rhoma Iskandar, “Pengaruh Consumer Review Terhadap Keputusan Pembeli Terhadap Toko Online Shopee,” Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), no. 9 (2021): 956.

Hamzah A. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research), (Malang: Literasi Nusantara Abadi).

Ikhsan, “25 Marketplace Online Terbesar di Indonesia,” Sasana Digital, 8 Juni 2023, diakses 18 Agustus 2023

Jehezkielomi K., 2021. “Analisis peran digital content marketing bagi wirausaha milineal di kota kupang dalam masa pandemic covid-19”, Universitas Nusa Cendana Kupang, Indonesia, (Journal of management : Vol.14, No.2)

Kamaludin, K. (2018). Analisis Modal Usaha Di Masyarakat Pedesaan. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 49–60.

Kamaludin, K. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Bagi Pelaku Usaha Mikro Di Era Revolusi Industri 4.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(1), 1–19. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i1.6371

Rahmi Qurrota Aynie, Ratih Hurriyati, dan Puspo Dewi Dirgantari, “Strategi pemasaran electronic word of mouth pada e-commerce dalam menghadapi era digital 4.0 di indonesia,” INOVASI 17, no. 1 (February 25, 2021)

Siti Komara dan Daimah Daimah, “Analisis Transaksi Jual Beli Pada Marketplace Shopee Dalam Persfektif Ekonomi Syariah,” Syntax Idea 1, no. 3 (July 27, 2019)

Susilawati Sumaa, Agus Supandi Soegoto, dan Reitty L. Samadi, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado),” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, no. 4 (2021): 305,

Teti Ai, 2023, “Integrsi psikolog dalam pemasaran umkm di desa jatimulya”, Universitas Buana Perjuangan Karawang, (Abdina journal pengabdian masyarakat: Vol.02 No.01)

Yaldi D & Yoan M. 2022. “Pemanfaatan Konten Digital dalam Upaya Peningkatan Promosi Pariwisata di Era 5.0 Society”, (Journal of Community Engagement Research for Sustainability).

Downloads

Abstract Views : 876
Downloads Count: 1334

Published

2022-12-30