Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi: Literature Review

Authors

  • Mustika Lara Universitas Negeri Padang
  • Syamsurizal Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.8695

Abstract

Tujuan   penelitian  untuk   membuktikan bahwa model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Penelitian studi literatur ini penting untuk dilakukan agar diketahui bahwa model PBL telah banyak diteliti mampu meningkatkan hasil belajar sehingga para peneliti selanjutnya dapat meneliti hal baru yang berpengaruh lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian  menggunakan metode  studi pustaka dengan cara mengkaji sebanyak 20 artikel penelitian terdahulu yang  sudah  terindeks SINTA 1 s.d 6. Pengumpulan   data dilakukan   melalui   pencarian   artikel   jurnal   dilakukan  melalui database Google Cendekia. Sumber data penelitian berupa data sekunder menggunakan jurnal penelitian terdahulu dengan prosedur analisis isi dengan mengkaji literatur yang digunakan dengan detail, analisis isi tersebut bertujuan untuk menunjukkan bukti  kefektifan model PBL dalam  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  SMA  dalam  pembelajaran  biologi  melalui beberapa literatur terkait. Hasil penelitian menemukan bahwa PBL adalah  model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model PBL dapat meningkat hasil belajar siswa.

Keywords:

Problem based learning, hasil belajar, biologi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1873
Downloads Count: 899

Published

2024-02-10

How to Cite

Lara, M., & Syamsurizal. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi: Literature Review. PEDAGOGI BIOLOGI, 2(01), 1–9. https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.8695