Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.8695Abstract
Tujuan penelitian untuk membuktikan bahwa model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Penelitian studi literatur ini penting untuk dilakukan agar diketahui bahwa model PBL telah banyak diteliti mampu meningkatkan hasil belajar sehingga para peneliti selanjutnya dapat meneliti hal baru yang berpengaruh lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan metode studi pustaka dengan cara mengkaji sebanyak 20 artikel penelitian terdahulu yang sudah terindeks SINTA 1 s.d 6. Pengumpulan data dilakukan melalui pencarian artikel jurnal dilakukan melalui database Google Cendekia. Sumber data penelitian berupa data sekunder menggunakan jurnal penelitian terdahulu dengan prosedur analisis isi dengan mengkaji literatur yang digunakan dengan detail, analisis isi tersebut bertujuan untuk menunjukkan bukti kefektifan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi melalui beberapa literatur terkait. Hasil penelitian menemukan bahwa PBL adalah model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model PBL dapat meningkat hasil belajar siswa.
Keywords:
Problem based learning, hasil belajar, biologiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mustika Lara, Syamsurizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.