Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Team Games Tournament (TGT) Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Sub Konsep Invertebrata

Penulis

  • Asep Mulyana SMAN 2 Tambun Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31949/pb.v1i01.7618

Abstrak

Dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada proses pembelajaran diperlukan suatu pendekatan pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model Cooperatif Learning Team Games Tournament. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat membuat siswa termotivasi berpikir kritis. Peneliti memanfaatkan TGT pada pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada subkonsep Invertebrata dengan materi filum Arthropoda. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT dalam pembelajaran terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa pada subkonsep invetebrata. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Pretest Post-test Design Group. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Tambun selatan tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan ketentuan diambil satu kelas dengan nilai rata-rata hasil belajar yang berada di tengah (median). Berdasarkan pengolahan dan analisis data postest hasil uji hipotesis diperoleh thitung 9,07; ttabel 2,66 pada taraf signifikan 1% atau α=0,01, maka data nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen tersebut terdapat perbedaan yang sangat signifikan dan dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model kooperatif learning tipe TGT dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada subkonsep invertebrata

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Kooperatif TGT, Berpikir kritis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 233
Downloads Count: 168

Diterbitkan

2023-02-25

Cara Mengutip

Mulyana, A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Team Games Tournament (TGT) Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Sub Konsep Invertebrata. PEDAGOGI BIOLOGI, 1(01), 45–51. https://doi.org/10.31949/pb.v1i01.7618

Terbitan

Bagian

Articles