Pengembangan E-Modul Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Pada Konsep Perubahan Lingkungan Kelas X SMA

Authors

  • Rizka Chaerunisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mahrawi Universitas Ageng Tirtayasa
  • Pipit Mariningsih Universitas Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31949/pb.v1i02.6495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pengolahan sampah organik menjadi pupuk organik cair berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) untuk meningkatkan literasi lingkungan (sebagai sumber belajar pada konsep perubahan lingkungan). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research & Development. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE dengan modifikasi menjadi 4 langkah yaitu analyze, design, development, dan evaluation. Penelitian dilaksanakan di Green House Banten Biology Farm, laboratorium pendidikan biologi FKIP UNTIRTA, dan SMAN 2 Kota Serang. Produk e-modul pupuk organik cair (POC) dikembangkan untuk mendukung proses pembelajaran kurikulum merdeka terutama pada program P5 (proyek penguatan profil pelajar Pancasila) pada tema pengolahan sampah organik. Hasil validasi produk oleh ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 94,67%; oleh ahli media mendapatkan nilai rata-rata 97,08%. Lebih lanjut, hasil uji respon pengguna mendapatkan nilai rata-rata 87,16%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa e-modul POC berbasis SETS termasuk pada kategori sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords:

E-modul, Literasi Lingkungan, Pupuk Organik Cair, Sampah Organik, SETS

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 997
Downloads Count: 280

Published

2023-08-22

How to Cite

Chaerunisa, R., Mahrawi, & Pipit Mariningsih. (2023). Pengembangan E-Modul Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Pada Konsep Perubahan Lingkungan Kelas X SMA . PEDAGOGI BIOLOGI, 1(02), 50–63. https://doi.org/10.31949/pb.v1i02.6495