Pengembangan Media Virtual Reality Berbasis Website Budidaya Hidroponik untuk Meningkatkan Literasi Digital Sebagai Sumber Belajar Pada Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Authors

  • Annisa Artdhita Nirmala Putri Saputro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mahrawi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Pipit Marianingsih Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31949/pb.v1i02.6386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media virtual reality berbasis website budidaya hidroponik untuk meningkatkan literasi digital sebagai sumber belajar pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2022 hingga Juni 2023 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Greenhouse Banten Biology Farm, dan SMAN 2 Kota Serang. Subjek penelitian adalah 3 (tiga) orang ahli materi, 3 (tiga) orang ahli media, 2 (dua) orang guru biologi, dan 20 (dua puluh) orang siswa SMAN 2 Kota Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) virtual reality berbasis website sangat layak pada aspek materi; 2) virtual reality berbasis website sangat layak pada aspek media; 3) virtual reality berbasis website sangat layak digunakan sebagai sumber belajar pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Keywords:

Hidroponik, Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, Literasi Digital, Virtual Reality, Website

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 381
Downloads Count: 83

Published

2023-08-04

How to Cite

Saputro, A. A. N. P., Mahrawi, & Pipit Marianingsih. (2023). Pengembangan Media Virtual Reality Berbasis Website Budidaya Hidroponik untuk Meningkatkan Literasi Digital Sebagai Sumber Belajar Pada Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. PEDAGOGI BIOLOGI, 1(02), 42–49. https://doi.org/10.31949/pb.v1i02.6386