Pengembangan Sumber Belajar E-Modul Budidaya Hidroponik Terintegrasi Metaverse Untuk Meningkatkan Literasi Digital

Authors

  • Ardia Regita Cahyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mahrawi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Pipit Marianingsih Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31949/pb.v1i02.6358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar berupa e-modul budidaya hidroponik terintegrasi metaverse untuk meningkatkan literasi digital pada konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, serta mengetahui kelayakan e-modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain penelitian ADDIE yang telah dimodifikasi dengan tahapan analyze, design, develop dan evaluate. Penilaian kelayakan e-modul berdasarkan ahli materi memperoleh nilai rata-rata 94,89% dan ahli media adalah 98,44%, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. Selanjutnya hasil uji coba perorangan oleh guru biologi memperoleh nilai rata-rata 97,50% dan uji coba kelompok kecil oleh siswa kelas XII IPA memperoleh nilai rata-rata 97,15%. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul budidaya hidroponik terintegrasi metaverse termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran agar siswa dapat memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan melalui budidaya hidroponik serta meningkatkan kemampuan literasi digital.

Keywords:

E-modul, Literasi digital, Metaverse, Bahan ajar digital

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 492
Downloads Count: 119

Published

2023-08-04

How to Cite

Cahyani, A. R., Mahrawi, & Pipit Marianingsih. (2023). Pengembangan Sumber Belajar E-Modul Budidaya Hidroponik Terintegrasi Metaverse Untuk Meningkatkan Literasi Digital. PEDAGOGI BIOLOGI, 1(02), 32–41. https://doi.org/10.31949/pb.v1i02.6358