Peningkatan Keaktifan Siswa dan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas XI MIPA 4 Pada Materi Sistem Sirkulasi Di SMA Al-Islam Boarding School
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v1i02.6047Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dan sikap ilmiah siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas XI MIPA 4 SMA Al-Islam Boarding School Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus masing-masing siklus 3 kali pertemuan, peneliti dibantu oleh teman sejawat yang ikut mengamati jalannya penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 18 siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Hasil menunjukan bahwa penerapan model Problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan sikap ilmiah siswa pada materi sistem sirkulasi kelas XI MIPA 4 SMA Al-Islam Boarding School. Keaktifan siswa berdasarkan angket rata-rata siklus I sebesar 77% dan rata-rata siklus II sebesar 84%. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I sebesar 76% dan pada siklus II sebesar 98%. Selain itu, penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pelajaran biologi materi sistem sirkulasi darah juga dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa. Dimana berdasarkan angket rata-rata siklus I sebesar 58% dan rata-rata siklus II sebesar 70%. Sedangkan berdasarkan hasil observasi pada siklus I sebesar 80% dan pada siklus II sebesar 98%.