Hubungan Bahan Ajar Digital Bertema Konservasi dengan Karakter Peduli Lingkungan pada Mata Pelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v1i02.5695Abstract
Masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia karena kurangnya pemahamanan karakter peduli lingkungan yang membuat manusia memenuhi kebutuhan dan menjadikan alam sekitar menjadi alat pemuas, dibutuhkan kesadaran dan kepedulian lingkungan yang dapat ditumbuhkan melalui pendidikan konservasi yaitu dengan mengaitkan materi konservasi melalui inovasi pembelajaran. Dalam hal ini, teknologi menjadi bagian penting untuk mencapai inovasi tersebut salah satunya dengan menggunakan bahan ajar digital. Tujuan dalam penulisan ini untuk menganalisis hubungan bahan ajar digital berbasis konservasi dengan karakter peduli lingkungan pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan metode PRISMA dengan mengumpulkan artikel dari database Harzing’s Publish or Perish (PoP). Artikel yang diperoleh kemudian dipilih dan diseleksi melalui beberapa tahapan yaitu pencarian, seleksi, eligibilitas dan ekstraksi data. Hasil analisis menunjukkan bahan ajar digital bertema konservasi dapat dibuat dengan menggunakan video pembelajaran, e-modul, e-booklet pembelajaran, komik digital dan penggunaan aplikasi SIRS untuk mengidentifikasi spesies. Bahan ajar digital bertema konservasi akan memberikan pengetahuan mengenai lingkungan terhadap peserta didik. Variabel pengetahuan lingkungan miliki hubungan yang signifikan dengan variabel sikap peduli lingkungan. Seseorang yang memiliki pengetahuan tentang lingkungan yang bagus maka sikap dan perilaku peduli lingkungan yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari akan bagus. Maka terdapat adanya hubungan bahan ajar digital bertema konservasi dengan karakter peduli lingkungan siswa.