Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA 1 Maja
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v1i01.4677Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBL di kelas X SMAN 1 Maja. Desain penelitian yang digunakan kuasi eksperimen berbentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian 32 siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan 35 siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes (pilihan ganda). Analisis yang digunakan analisis kualitatif diperoleh dari lembar observasi dan analisis kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang lebih efektif pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol di kelas X SMAN 1 Maja dengan menggunakan model pembelajaran PBL