Efektivitas Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review) Terhadap Membaca Kritis Siswa Pada Materi Indera Penglihatan dan Alat Optik Di SMPN 6 Majalengka

Authors

  • Diana Agustiani Universitas Majalengka
  • Vitta Yaumul Hikmawati Universitas Majalengka
  • Yeni Suryaningsih Universitas Majalengka

Keywords:

SQ3R, Membaca kritis, Indera penglihatan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran  IPA khususnya pada materi indera penglihatan dan alat optik dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan penuh teori serta menggunakan istilah-istilah asing, pembelajaran yang membosankan dan penggunaan media dan metode yang kurang inovatif, maka akan mengakibatkan ketidaksenangan siswa terhadap mata pelajaran IPA menjadi semakin besar. Hal ini juga didukung dengan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman masih rendah. Rata-rata nilai membaca 60, sedangkan yang  diharapkan untuk  hasil belajar siswa KKM-nya  sebesar 73.  Apabila hasil belajar terus menerus di bawah KKM maka kompetensi dasar yang disusun berdasarkan kurikulum tidak akan tercapai. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efektivitas SQ3R terhadap membaca kritis siswa SMP pada materi Indera Penglihatan dan Alat Optik. Penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan one group pre-test and post-test  yang melibatkan 24 siswa SMP kelas VIII. Efektivitas SQ3R terhadap membaca kritis siswa terlihat dari peningkatan hasil rata-rata pre-test 44,87 terhadap post-test 74,00 yang dijaring menggunakan soal pilihan ganda yaitu 0,35 termasuk kategori sedang. Hasil penjaringan daftar cek keterlaksanaan tahapan SQ3R menunjukan bahwa sebagian besar (74,23%) sudah melaksanakan tahapan SQ3R. Penjaringan angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan SQ3R yaitu 75% siswa merasa bahwa metode SQ3R proses pembelajaran lebih menarik dan penerapan SQ3R dalam membaca artikel membantu mereka (87,5%) dalam membuat materi mudah diingat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-18

How to Cite

Agustiani, D., Yaumul Hikmawati, V., & Suryaningsih, Y. (2023). Efektivitas Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review) Terhadap Membaca Kritis Siswa Pada Materi Indera Penglihatan dan Alat Optik Di SMPN 6 Majalengka. PEDAGOGI BIOLOGI, 1(01), 17–25. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bp/article/view/4671