Problem Based Learning Berbantuan Media Video Pada Materi Virus Terhadap Pemecahan Masalah Biologi
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v1i01.4668Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video pada materi virus. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan design one group pretest-posttest atau pre experimental. Sampel penelitian kelas X MIPA MA ‘PUI’ Maja berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah dalam konteks wacana 1 (virus corona disease 2019), konteks wacana 2 (Perubahan yang terjadi dalam masyarakat sebagai dampak dari covid 19) dan konteks wacana 3 (upaya kesehatan masyarakat dalam mengatasi pandemi covid 19), lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video dengan menganalisis aktivitas guru dan siswa, dan lembar angket respon siswa. teknik analisis data dengan analisis deskriptif dengan mengacu pada pedoman penskoran. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah dari indikator mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah, menemukan alternatif solusi, memiih alternatif solusi dan kelancarannya dalam memecahkan masalah diperoleh nilai rata hasil pretest 48,5% (cukup baik) dan rata-rata hasil posttest sebesar 86,6% (sangat baik). Hasil analisis observasi aktivitas guru diperoleh 83% (kriteria baik) dan hasil analisis observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 76,2% ( kriteria baik). Untuk hasil angket respon siswa terhadap model pembelajaran problem based learning berbantuan media video berada pada kisaran76-100% (kriteria sangat baik).