Pengembangan Soal-soal Pilihan Ganda Untuk Mengukur Kemampuan Berargumen Siswa Pada Konsep Sistem Regulasi Manusia
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v1i01.4651Abstract
Tujuan pnelitian ini adalah untuk mengembangkan soal-soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan berargumen siswa pada konsep sistem regulasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan termodifikasi, yaitu dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yang meliputi penentuan tujuan penelitian, penyusunan kisi-kisi soal, pembuatan draft soal, uji validasi ahli, uji coba terbatas, uji coba lapangan 1 dan uji coba lapangan 2, hasil dari uji coba lapangan 2 itulah didapatkan soal produk. Populasi dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa kelas XII SMA semester I, siswa-siswa tersebut sebelumnya telah mempelajari materi sistem regulasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengambilan sampel berdasarkan tujuan atau purposif sampling pada 135 siswa dari kelas XII Semester I di SMA Negeri 1 Majalengka, SMA Negeri 1 Sumberjaya dan SMA Negeri 1 Leuwimunding. Sedangkan metode yag digunakan untuk mengukur argumen siswa dilakukan dengan cara mengidentifikasi argumen siswa sesuai dengan indikator berargumennya. Berdasarkan hasil dengan menggunakan softwere TAP pada uji coba terbatas menghasilkan soal valid sebanyak 57 soal, pada uji coba lapangan 1 menghasilkan 46 soal yang valid, pada uji coba lapangan 2 menghasilkan 39 soal yang valid dengan konsistensi realibilitas tes yang baik dengan rata-rata realibilitas keseluruhan uji coba mendapatkan 0,636 (sedang) serta kemampuan berargumen siswa lebih kearah menarik kesimpulan, membedakan dan mengklasifikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan produk tes kemampuan berargumen yang telah dikembangkan memiliki keandalan yang sedang dan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berargumen siswa.