PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN APLIKASI TIK TOK UNTUK MENGANALISIS KESADARAN METAKOGNITIF DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA

Penulis

  • Dessy Shintami Dewi Universitas Kuningan
  • Zaenal Abidin Universitas Kuningan
  • Asep Ginanjar Arip Universitas Kuningan

Abstrak

Dampak loss learning pada periode pasca pandemic Covid-19, selain menyisakan kemunduran keberhasilan belajar juga meningkatkan adiksi terhadap gawai. Adiksi ini yang dirasa cukup mengkhawatirkan sehingga siswa dinilai kehilangan kesadaran metakognitifnya akibat dari hilangnya control diri akan proses belajarnya selama pandemi, juga menurunnya kecerdasan intrapersonal yang nampak dari menurunnya semangat belajar siswa, Permasalahan loss learning sebtulnya dapat diminimalisir dengan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan melakukan pengembangan E-modul dengan aplikasi Tik Tok yang sedang menjadi trend dikalangan pelajar. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Methode, dengan desain postetst-only control design pada 1 kelas eksperimen dan 3 kelas control. Uji t menunjukan p<0,05 untuk variable kesadaran metakognitif dan kecerdasan intrapersonal, dikuatkan dengan pengujian effect size dengan hasil >0,8 yang artinya pengembangan e-modul dengan aplikasi tiktok yang digunakan pada kegiatan P5, memiliki pengaruh besar. Pengembangan e-modul yang dilakukan dalam penelitian R n D menggunakan model ADDIE, dengan hasil validasi sangat layak untuk digunakan pada kegiatan pendahuluan dan eksplorasi isu dalam kegiatan P5.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 4
Downloads Count: 4

Diterbitkan

2023-10-30