PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP PENECEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN

Penulis

  • Asep Supriatna Universitas Kuningan
  • Anna Fitri Hindriana Universitas Kuningan
  • Sofyan H Nur Universitas Kuningan

Abstrak

Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran project based learning berbasis STEM untuk meningkatakan kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning berbasis STEM. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment, dengan desain penelitian pretest-postteest kontrol group desain Sampel penelitian sebanyak 2 kelas diambil dengan Teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran dengan penerapan model pemelajaran Project Based Learning berbasis STEM sedangkan untuk kelas kontrol mendapat pembelarajaran biasa. Instrumen pretest, posttest terdiri dari 10 soal essay dan 20 soal pilihan ganda empat alternatif . Sebelum melakukan pengujian hipotesis maka data penelitian harus memenuhi uji prasyarat yang meliputi uji normalitas , uji homogenitas, uji kesamaaan kemampuan awal siswa , uji hipotesis penelitian pada posttest dan N-gain dilakukan uji-t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis STEM meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai N-Gain 0,22 dengan kategori rendah. Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis STEM meningkatkan penguasaan konsep siswa. Dari hasil uji hipotesis diperoleh rata-rata N-gain 0,46 dengan kategori sedang untuk kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai N-Gain 0,28 dengan kategori rendah. Berdasarkan rata-rata nilai N-Gain, baik untuk keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan penguasaan konsep, untuk kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai N Gain lebih tinggi dibandingankan kelas kontrol.

Kata Kunci:

PJBL; STEM; berpikir kreatif; pemahaman konsep

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 13
Downloads Count: 7

Diterbitkan

2023-10-30