PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VITUAL LABORATORY BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH

Penulis

  • Iis Solihah Universitas Kuningan
  • Anna Fitri Hindriana Universitas Kuningan
  • Asep Ginanjar Arif Universitas Kuningan

Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan sangat pesat namun pemanfaatannya kurang optimal dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan tekonologi untuk membantu proses pembelajaran seperti kegiatan praktikum karena untuk melaksanakan praktikum yang konvensional fasilitasnya belum memadai, sehingga dengan adanya teknologi bisa memfasilitasi keterbatasan tersebut. Metode penelitian ini Research and Development yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE, subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMAN 1 Taraju Kabupaten Tasikmalaya. Media pembelajaran ini dikatakan sangat layak  berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media dengan presentase total sebesar  98%, ahli materi dengan presentase total yaitu sebesar 93,63 %. Media pembelajaran ini dalam penerapannya mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah 0,75 dengan kategori tinggi yaitu dengan rata-rata indek N-gain ternormalisasi dari pretest ke postes sebesar 0,97 kategori tinggi adapun hasil respon siswa terhadap media pembelajaran dengan presentase total 94 % dengan kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Virtual Laboratory berbasis android dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 3
Downloads Count: 2

Diterbitkan

2023-10-30