PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DENGAN BANTUAN LKS BERBASIS KPS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA MTs AL-IKHLAS BARIBIS MAJALENGKA

Authors

  • Kiki Taqyudin Universitas Kuningan
  • Anna Fitri Hindriana Universitas Kuningan
  • Sofyan Hasanuddin Nur Universitas Kuningan

Abstract

Proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat berperan aktif dalam menemukan pengetahuan, konsep dan teori. Pembelajaran IPA biologi merupakan pengetahuan yang berorientasi pada proses dan produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa setelah dilaksanakan kegiatan praktikum berbantu LKS berbasis keterampilan proses sains (KPS)  pada materi gerak pada tumbuhan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-posttes control group. Sampel yang digunakan diambil secara random sebanyak 28 orang siswa, yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan control. Teknik pengumpulan data menggunakan uji instrument tes keterampilan proses sains, lembar observasi sikap ilmiah, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian adalah: (1) kualitas LKS berbasis keterampilan proses sains baik, hal ini dibuktikan berdasarkan respon siswa menyatakan LKS sangat baik, dan mudah dipahami, (2) Ada perbedaan rata-rata yang signifikan dari keterampilan proses sains siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah di laksanakan pembelajaran praktikum berbantu LKS berbasis KPS yang dibuktikan dengan siswa dapat memahami pembelajaran, siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan nyata dan siswa dapat memecahkan masalah (3) Sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan hal ini ditunjukan di setiap praktikum siswa selalu memiliki rasa ketelitian, jujur dalam menuliskan hasil pengamatannya, bertanggung jawab dan bekerja sama. LKS berbasis KPS memiliki kualitas yang baik karena dapat membantu siswa menemukan suatu konsep dari aspek kelayakan isi melalui penyajian foto/gambar. Dengan adanya petunjuk praktikum yang disertai dengan ilustrasi foto/gambar mempermudah siswa dalam melakukan suatu percobaan, teori sudah mendukung adanya hakikat sains dan menghubungkan dengan lingkungan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 5
Downloads Count: 3

Published

2023-10-30