PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VITUAL LABORATORY BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan sangat pesat namun pemanfaatannya kurang optimal dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan tekonologi untuk membantu proses pembelajaran seperti kegiatan praktikum karena untuk melaksanakan praktikum yang konvensional fasilitasnya belum memadai, sehingga dengan adanya teknologi bisa memfasilitasi keterbatasan tersebut. Metode penelitian ini Research and Development yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE, subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMAN 1 Taraju Kabupaten Tasikmalaya. Media pembelajaran ini dikatakan sangat layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media dengan presentase total sebesar 98%, ahli materi dengan presentase total yaitu sebesar 93,63 %. Media pembelajaran ini dalam penerapannya mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah 0,75 dengan kategori tinggi yaitu dengan rata-rata indek N-gain ternormalisasi dari pretest ke postes sebesar 0,97 kategori tinggi adapun hasil respon siswa terhadap media pembelajaran dengan presentase total 94 % dengan kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Virtual Laboratory berbasis android dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iis Solihah, Anna Fitri Hindriana , Asep Ginanjar Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.