STRATEGI PEMASARAN MANGGA GEDONG GINCU KABUPATEN SUMEDANG

  • Kosasih Sumantri
  • Ida Marina
  • Dinar
  • Eni Kurniati
Keywords: Mangga Gedong Gincu, Strategi pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilakukani di Desa Palabuan Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang yang bertujuan mengetahui kondisi pemasaran, faktor internal dan eksternal yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Penelitian dilakukan pada usaha mangga di Desa Palabuan yang menjadi satu-satunya tempat pengumpul mangga gedong gincu di Kecamatan Ujungjaya. Metode yang digunakan melalui wawancara dan observasi.. Data yang diperoleh selanjutnya menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Responden pada penelitian ini berjumlah 5 orang .Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa usaha Mangga Gedong Gincu menggunakan Strategi yang diperoleh dari analisis matriks SWOT  yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan di lingkungan eksternal  maupun kekuatan dan kelemahan yang dimiliki lingkungan internal perusahaan. Hasil ini menunjukan nilai skor IFE 2,656 menunjukan posisi internal yang kuat, nilai skor EFE 2,507 menunjukan bahwa perusahaan merespon peluang untuk terus dipertahankan dan terus dipelihara.  Oleh karena itu CV Anugerah Sejahtera perlu mengembangkan usaha mangga Gedong Gincu di Desa Palabuan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asfi, M., F. Wicaksono, Kusnadi dan P. Sukibi. 2016. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Spesifikasi Mangga Gedong Gincu di Wilayah III Cirebon. http://teknik.untagcirebon.ac.id/publikasi/index.php/snirt/article/view/18/4 Diakses 27 Februari 2018.
Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (BPTBT), 2010. Mangga Gedong Gincu dan Kesehatan. https://balitbu.litbang.pertanian.go.id/images/leaflet/gedonggincu.pdf
Dinas Pertanian Kab. Sumedang, 2020. Perkembangan Produksi (ton) di Kabupaten sumedang 2016-2020.
Pemerintah Kabupaten Sumedang, 2020. Demografi dan Topografi Kab. Sumedang. https://sumedangkab.go.id/profil
Kementerian Pertanian. 2012. Deskripsi Varietas Jagung Unggul. Edisi Ke-7. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Jakarta. 134 hlm.
KS, Yuliawati, Marina,I. 2020. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Mangga Gedong Gincu (Mangifera indica L). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=5KL_HK0AAAAJ&citation_for_view=5KL_HK0AAAAJ:5nxA0vEk-isC
Marina,I. dkk.2017. Strategi Pengembangan Agribisnis Hasil Pertanian Melalui Inovasi Dan Kreatifitas Menjadi Produk Unggulan Di Smk Negeri 1 Pacet Kabupaten Cianjur. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/mimbaragribisnis/article/viewFile/31/27
Nilasari A. N., JB. S. Heddy dan T. Wardiyati. 2013. Identifikasi keragaman morfologi daun mangga (Mangifera indica L.) pada tanaman hasil persilangan antara varietas arumanis 143 dengan podang urang umur 2 tahun. Jurnal Produksi Tanaman Volume 1 No.1.
Rangkut, Freedy, Analisis SWOT (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014)hal 6
Supriatna, Ade. 2005. Budidaya dan Prospek Pemasaran Mangga Gedong Gincu
Sinar Tani. Kementrian Pertanian. https://www.litbang.pertanian.go.id/artikel/?f_j=gedong+gincu&f_m=&f_p=
Tjiptono, Fandy & Gregotius Chandra. (2012). Pemasaran strategik. (2 Ed). ANDI: Yogyakarta.
Published
2021-12-29
Section
Articles