STRATEGI PEMASARAN MANGGA GEDONG GINCU KABUPATEN SUMEDANG
DOI:
https://doi.org/10.31949/agrivet.v9i2.1749Abstract
Penelitian ini dilakukani di Desa Palabuan Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang yang bertujuan mengetahui kondisi pemasaran, faktor internal dan eksternal yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Penelitian dilakukan pada usaha mangga di Desa Palabuan yang menjadi satu-satunya tempat pengumpul mangga gedong gincu di Kecamatan Ujungjaya. Metode yang digunakan melalui wawancara dan observasi.. Data yang diperoleh selanjutnya menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Responden pada penelitian ini berjumlah 5 orang .Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa usaha Mangga Gedong Gincu menggunakan Strategi yang diperoleh dari analisis matriks SWOT yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan di lingkungan eksternal maupun kekuatan dan kelemahan yang dimiliki lingkungan internal perusahaan. Hasil ini menunjukan nilai skor IFE 2,656 menunjukan posisi internal yang kuat, nilai skor EFE 2,507 menunjukan bahwa perusahaan merespon peluang untuk terus dipertahankan dan terus dipelihara. Oleh karena itu CV Anugerah Sejahtera perlu mengembangkan usaha mangga Gedong Gincu di Desa Palabuan.
Keywords:
Mangga Gedong Gincu, Strategi pemasaranDownloads
References
Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (BPTBT), 2010. Mangga Gedong Gincu dan Kesehatan. https://balitbu.litbang.pertanian.go.id/images/leaflet/gedonggincu.pdf
Dinas Pertanian Kab. Sumedang, 2020. Perkembangan Produksi (ton) di Kabupaten sumedang 2016-2020.
Pemerintah Kabupaten Sumedang, 2020. Demografi dan Topografi Kab. Sumedang. https://sumedangkab.go.id/profil
Kementerian Pertanian. 2012. Deskripsi Varietas Jagung Unggul. Edisi Ke-7. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Jakarta. 134 hlm.
KS, Yuliawati, Marina,I. 2020. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Mangga Gedong Gincu (Mangifera indica L). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=5KL_HK0AAAAJ&citation_for_view=5KL_HK0AAAAJ:5nxA0vEk-isC
Marina,I. dkk.2017. Strategi Pengembangan Agribisnis Hasil Pertanian Melalui Inovasi Dan Kreatifitas Menjadi Produk Unggulan Di Smk Negeri 1 Pacet Kabupaten Cianjur. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/mimbaragribisnis/article/viewFile/31/27
Nilasari A. N., JB. S. Heddy dan T. Wardiyati. 2013. Identifikasi keragaman morfologi daun mangga (Mangifera indica L.) pada tanaman hasil persilangan antara varietas arumanis 143 dengan podang urang umur 2 tahun. Jurnal Produksi Tanaman Volume 1 No.1.
Rangkut, Freedy, Analisis SWOT (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014)hal 6
Supriatna, Ade. 2005. Budidaya dan Prospek Pemasaran Mangga Gedong Gincu
Sinar Tani. Kementrian Pertanian. https://www.litbang.pertanian.go.id/artikel/?f_j=gedong+gincu&f_m=&f_p=
Tjiptono, Fandy & Gregotius Chandra. (2012). Pemasaran strategik. (2 Ed). ANDI: Yogyakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Agrivet agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work