ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN PADA PENANGKAR TANAMAN BIBIT JERUK LIMAU (Citrus amblycarpa)

  • Dinar
  • Ida Marina
Keywords: Efisiensi Pemasaran, Limau,

Abstract

Pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.Untuk menentukan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Snowball Sampling.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran bibit jeruk limau di Desa Gunungkuning.pola saluran I: petani – pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang pengecer - konsumen, pola saluran II: petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen, pola saluran III: petani – konsumen. Total marjin yang didapat pada saluran pemasaran satu yang dilalui oleh petani adalah Rp. 12.000/Polybag. Jumlah marjin pemasaran yang diperoleh oleh pedagang pengumpul yaitu berjumlah Rp. 7000/polybag , marjin yang diperoleh Pedagang Besar yaitu berjumlah Rp.3000/polybag, dan untuk pedagang pengecer mendapatkan marjin berjumlah Rp.2.000/polybag. Total marjin yang diperoleh pada saluran pemasaran dua adalah  Rp.10.000/polybag. Jumlah marjin pemasaran yang diperoleh pedagang pengumpul yaitu   Rp. 7.000/polibag.Dan marjin yang didapatkan oleh pedagang pengecer yaitu sebesar Rp. 3.000/polybag.Pada saluran tiga tidak terdapat marjin karena pola saluran tiga hanya dari petani langsung ke konsumen yang artinya pola saluran tiga tidak melakukan kegiatan pemasaran. Pada saluran I nilai efisiensi ekonomisnya sebesar 0,33, nilai efisien untuk pola saluran II sebesar 0,68, pada saluran III nilai efisiensi ekinomisny 2,02

Downloads

Download data is not yet available.

References

ANUGRAH, IWAN SETIAJE, 2009. Pengembangan Sub Terminal Agribisnis (Sta) Dan Pasar Lelang Komoditas Pertanian Dan Permasalahan. Jurnal Penelitian Agro Ekonomi. Vol 22. No 2 Bogor. Diakses Pada Tahun 2006.
BALAI PENGAWASAN DAN SERTIFIKAT BENIH TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KABUPATEN MAJALENGKA 2018. Kabupaten Majalengka Dalam Angka. Balai Pengawasan Dan Hortikultura Kabupaten Majalengka.
PROFIL DESA DESA GUNUNGKUNING, tahun 2019. Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka
PURNAMASARI, INTAN. 2010. Analisis Pemasaran Jeeuk di Kabupaten Bangli.Skrisi Sarajana Pakultas Pertanian Universitas Sebels Maret Surakarta. Surakarta: Tidak Diterbitkan.
RAHIM & HASTUTI, DRD, 2017, Ekonomi Pertanian (Pengantar, Teori dan Kasus), Penebar Swadaya, Jakarta.
SUDIYONO, 2002, Pemasaran Pertanian, UMM Press, Malang
SUGIYONO. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta. Bandung.
UNDANG - UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 13 Tahun 2010 Tentang Hortikultura
Published
2021-07-26
Section
Articles