ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN PADA PENANGKAR TANAMAN BIBIT JERUK LIMAU (Citrus amblycarpa)
DOI:
https://doi.org/10.31949/agrivet.v9i1.1152Abstract
Pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.Untuk menentukan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Snowball Sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran bibit jeruk limau di Desa Gunungkuning.pola saluran I: petani – pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang pengecer - konsumen, pola saluran II: petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen, pola saluran III: petani – konsumen. Total marjin yang didapat pada saluran pemasaran satu yang dilalui oleh petani adalah Rp. 12.000/Polybag. Jumlah marjin pemasaran yang diperoleh oleh pedagang pengumpul yaitu berjumlah Rp. 7000/polybag , marjin yang diperoleh Pedagang Besar yaitu berjumlah Rp.3000/polybag, dan untuk pedagang pengecer mendapatkan marjin berjumlah Rp.2.000/polybag. Total marjin yang diperoleh pada saluran pemasaran dua adalah Rp.10.000/polybag. Jumlah marjin pemasaran yang diperoleh pedagang pengumpul yaitu Rp. 7.000/polibag.Dan marjin yang didapatkan oleh pedagang pengecer yaitu sebesar Rp. 3.000/polybag.Pada saluran tiga tidak terdapat marjin karena pola saluran tiga hanya dari petani langsung ke konsumen yang artinya pola saluran tiga tidak melakukan kegiatan pemasaran. Pada saluran I nilai efisiensi ekonomisnya sebesar 0,33, nilai efisien untuk pola saluran II sebesar 0,68, pada saluran III nilai efisiensi ekinomisny 2,02
Keywords:
Efisiensi Pemasaran, Limau,Downloads
References
BALAI PENGAWASAN DAN SERTIFIKAT BENIH TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KABUPATEN MAJALENGKA 2018. Kabupaten Majalengka Dalam Angka. Balai Pengawasan Dan Hortikultura Kabupaten Majalengka.
PROFIL DESA DESA GUNUNGKUNING, tahun 2019. Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka
PURNAMASARI, INTAN. 2010. Analisis Pemasaran Jeeuk di Kabupaten Bangli.Skrisi Sarajana Pakultas Pertanian Universitas Sebels Maret Surakarta. Surakarta: Tidak Diterbitkan.
RAHIM & HASTUTI, DRD, 2017, Ekonomi Pertanian (Pengantar, Teori dan Kasus), Penebar Swadaya, Jakarta.
SUDIYONO, 2002, Pemasaran Pertanian, UMM Press, Malang
SUGIYONO. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta. Bandung.
UNDANG - UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 13 Tahun 2010 Tentang Hortikultura
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Agrivet agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work