Education Report Thorough Assessment of Student Learning Outcomes

Authors

  • Ayu Arum Septiani Universitas Majalengka
  • Meli Noviyanti
  • Majd Azhar
  • Siti Iklimaskuroh
  • Kania Agustina Universitas Majalengka

Keywords:

Laporan Penilaian, Keriteria Pelaporan, Jenis Pelaporan, Model Pelaporan, Hasil Penilaian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengertian laporan hasil penilaian, kriteria laporan penilaian, jenis laporan penilaian, serta model laporan penilaian. Metode yang kami gunakan dalam penyusunan artikel ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dan berdasarkan pada teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara gabungan serta penelitian yang menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif.  Temuan dari penelitian ini ialah pelaporan hasil penilaian merupakan laporan yang disusun setelah proses penilaian pembelajaran peserta didik. Tujuan dari pelaporan hasil penilaian pada pendidikan adalah untuk memberikan informasi kepada peserta didik, orang tua peserta didik, maupun masyarakat luar mengenai kemampuan yang didapatkan dari hasil belajar peserta didik. Pelaporan hasil penilaian pada pendidikan bermanfaat untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik serta menjadikannya lebih termotivasi dalam belajar. Hasil penelitian ini adalah pelaporan hasil penilaian berisi nilai kognitif, afektif, dan psikomotor dari siswa yang telah menempuh pembelajaran selama satu semester. Selain itu, pelaporan hasil penilaian  harus berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional agar tujuan pelaporan hasil penilaian itu sendiri dapat tercapai dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-27

How to Cite

Ayu Arum Septiani, Noviyanti , M., Azhar, M., Iklimaskuroh , S., & Agustina, K. (2023). Education Report Thorough Assessment of Student Learning Outcomes . Al-Akhbar: Jurnal Ilmiah Keislaman, 9(1), 46–51. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/aa/article/view/6161