STRATEGI PEMBELAJARAN BAGI ANAK YANG KURANG BAIK DALAM BERBAHASA MELALUI KONSELING COGNITIF BEHAVIOR THERAPY (CBT)

Authors

  • Sheila Maulida Universitas Majalengka
  • Maria Hidayanti Universitas Majalengka Jawa Barat Indonesia

Abstract

Perkembangan bahasa anak usia dini adalah perkembangan bahasa yang harus dimiliki anak sebagai salah satu dari kemampuan dasar, sesuai dengan tahapan usia dan karakteristik perkembangannya. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan berbahasa lisan yang baik sesuai dengan tahap perkembangannya, secara khusus mengetahui seberapa besar kemampuan berbahasa melalui penerapan/penggunaan metode bercerita. Guru dan orang tua wajib untuk melihat perkembangan anak, karena upaya untuk menstimulus anak sejak dini sangat penting, dan ruginya keluarga, atau orang tua yang tidak peduli dengan perkembangan anak, oleh karena itu sebagai orang tua harus memahami pertumbuhan dan perkembangan anak, dan mengerti akan kebutuhan anak sesuai dengan umurnya, tanpa harus memaksa anak dengan kekerasan. Tetapi mendidik anak dengan menyenangkan serta penuh dengan cinta dan kasih sayang. Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk mengurangi perilaku anak yang dalam tingkah laku dan berbahasa yang kurang baik, yaitu melalui teori konseling Cognitif Behavior Therapy (CBT) dengan teknik Self Control.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-08