Pengaruh Permainan Mencari Harta Karun terhadap Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pecahan

Authors

  • Novianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isrok'atun Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dety Amelia Karlina Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8867

Abstract

Matematika dilabeli dengan pembelajaran yang sulit dan membosankan, salah satu materi matematika yaitu pecahan yang dianggap sebagai materi tersulit, sehingga dibutuhkan solusi dengan cara memilih metode yang tepat. Penelitian bertujuan untuk mendapati pengaruh permainan mencari harta karun atas motivasi belajar dan pemahaman dalam materi pecahan kelas V. Metode yang diterapkan yakni quasi experiment jenis non-equivalent control group. Sampel dari siswa kelas V berjumlah 54 siswa. Instrumen menggunakan wawancara, angket, dan tes. Penelitian menggunakan teknik descriptive statistics analysis, analisis data, dan statistics inferential dengan uji n-gain, uji-t, dan uji prasyarat. Perolehan data penelitian menunjukan nilai rerata pemahaman 75 dan skor rerata motivasi belajar 95,04. Berdasarkan hasil data tersebut, dapat diartikan bahwa adanya pengaruh terhadap pemahaman dan motivasi belajar siswa saat menggunakan permainan mencari harta karun di kelas V.

Keywords:

pecahan, permainan, pemahaman, motivasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035

Andriani, D., Widada, W., Herawaty, D., Ardy, H., Nugroho, K. U. Z., Ma’rifah, N., Anggreni, D., & Anggoro, A. F. D. (2020). Understanding the number concepts through learning Connected Mathematics (CM): A local cultural approach. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1055–1061. https://doi.org/https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080340

Ardani, A. A. M. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Pecahan Sederhana pada Mata Pelajaran Matematika di SD Inpres I Nambaru. Jurnal Paedagogy, 8(2), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3483

Arifin, F., Fadilah, Z., & Widiyanto, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 98. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i2.3873

Arum, N., & Amir, N. F. (2019). Improving Student Learning Results Through The Application Of The Quantum Teaching Model. Journal of Mathematics Education, 4(1), 1–6. https://doi.org/http://doi.org/10.31327/jomedu.v4i1.879

Ayub, A., Gul, R., Malik, M., Sharjeel, M. Y., & Rauf, M. Bin. (2021). Impact of Interactive Pedagogies on Students’ Academic Achievement in Mathematics at Elementary School Level in Quetta City, Balochistan. İlköğretim Online- Elementary Education Online, 20(3), 262–270. https://doi.org/https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.03.26

Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 486–492. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.442

Bevan, D., & Capraro, M. M. (2021). Posing Creative Problems: A Study of Elementary Students’ Mathematics Understanding. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(3), em0654. https://doi.org/https:/doi.org/10.29333/iejme/11109

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Copur-Gencturk, Y. (2021). Teachers’ conceptual understanding of fraction operations: results from a national sample of elementary school teachers. Educational Studies in Mathematics, 107(3), 525–545. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10649-021-10033-4

Deti Nurhamidah, S., Sujana, A., & Karlina, D. A. (2022). Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1318–1329. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3190

Fatonah, S., & Naemah, Z. (2022). Analisis Pengaruh Games Education (Permainan Angklek) Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Bangun Datar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7209–7219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3455

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273

Hariyani, M., Herman, T., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2022). Mengembangkan Desain Didaktis Berdasarkan Hambatan Belajar dan Learning Trajectory Siswa pada Konsep Dasar Pecahan di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(2), 416. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i2.63429

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1961

Karundeng, J. D. ., Rorimpandey, W. H. ., & Krowin, M. M. (2020). Pengaruh KreatıvıtasMengajar Guru Dan Mınat Belajar Terhadap Hasıl Belajar Sıswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, x(30), 1–4. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7270

Khasanah, M., & Abduh, M. (2023). Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi dan Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Soal Cerita Di Sekolah Dasar 1 FKIP , Universitas Muhammadiyah Surakarta , Indonesia 2 FKIP , Universitas Muhammadiyah Surakarta , Indonesia * Corresponding auth. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1529–1543. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7277

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Maharbid, D. A. (2019). Pengembangan Prototipe Mobile Game Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Dan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. (Sarjana Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia), 1–9.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Conceptual Understanding and Procedural Knowledge: A Case Study on Learning Mathematics of Fractional Material in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042037

Nida, L. S., Sunaengsih, C., & Karlina, D. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Fun Learning pada Materi Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 194. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1755

Pokhrel, T. R. (2018). Activity Based Mathematics Instruction : Experiences in Addressing the 21st-Century Skills. Journal of Mathematics Education, 11(1), 46–61. https://doi.org/https://doi.org/10.26711/007577152790020

Pramudya, L. N., Nurtamam, M. E., & Siswoyo, A. A. (2018). Pengaruh Metode Permainan Berdasarkan Teori Diesnes Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Grabagan Sidoarjo. Seminar Pendidikan Matematika UMM 2018, 1–11.

Rachmavita, F. P. (2020). Interactive media-based video animation and student learning motivation in mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012040

Rahim, R., Sa’odah, Tiring, S. S. N. D., Asman, Fitriyah, L. A., Dewi, M. S., R, I. H., Ferawati, Mutia, Pamungkas, M. D., Sutrisno, E., Wulandari, H., Trimurtini, & Wicaksono, A. B. (2021). Metodologi Penelitian Sosial: Teori dan Praktik (E. Santoso (ed.)). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).

Rohmah, A. N. (2017). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Clues Terhadap Penguasaan Bilangan Romawi. (Sarjana Tesis, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta, cv (ke-19).

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1

Yayuk, E., Purwanto, As’Ari, A. R., & Subanji. (2020). Primary school students’ creative thinking skills in mathematics problem solving. European Journal of Educational Research, 9(3), 1281–1295. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1281

Yu, Z., Gao, M., & Wang, L. (2021). The Effect of Educational Games on Learning Outcomes, Student Motivation, Engagement and Satisfaction. Journal of Educational Computing Research, 59(3), 522–546. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0735633120969214

Downloads

Abstract Views : 157
Downloads Count: 132

Published

2024-03-31

How to Cite

Novianti, Isrok’atun, & Dety Amelia Karlina. (2024). Pengaruh Permainan Mencari Harta Karun terhadap Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pecahan. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2449–2461. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8867

Issue

Section

Articles