Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi dan Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Soal Cerita Di Sekolah Dasar

Authors

  • Miftakhul Khasanah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Abduh Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7277

Abstract

Problematika dalam pembelajaran di kelas rendah terutama kelas III SD, yaitu berkaitan dengan pemusatan perhatian siswa yang rendah, kesulitan siswa dalam menulis, membaca, dan kesulitan berhitung, hal ini memang sering terjadi dan diakibatkan dari beberapa hal, salah satunya ialah karena perbedaan karakter peserta didik yang satu dengan lainnya. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh kemampuan literasi numerasi dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika soal cerita Kelas III SD Tarbiyatul Islam Manang. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD Tarbiyatul Islam Manang, berjumlah 49 siswa. Berdasarkan data populasi yang telah diketahui, maka sampel penelitian ini adalah siswa kelas III di SD Tarbiyatul Islam Manang, sebanyak 49 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data ialah dokumentasi, angket, dan instrumen pengumpulan data. Skala yang digunakan adalah skala Likert. Teknik analisis data dengan bantuan program komputer SPSS for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap hasil belajar Matematika soal cerita kelas III SD Tarbiyatul Islam Manang. Terdapat hubungan dukungan orang tua terhadap hasil belajar Matematika soal cerita kelas III SD Tarbiyatul Islam Manang.

Keywords:

Numeracy Literacy, Parental Support, Learning Outcomes, Maths

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2020). Efektıvıtas Pembelajaran Berbasıs Masalah, Pembelajaran Berbasıs Proyek Lıterası, Dan Pembelajaran Inkuırı Dalam Menıngkatkan Kemampuan Koneksı Matematıs. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10736

Afandi, F., Idris Jafar, M., & Fakultas, P. (2021). Hubungan Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus II. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 423–430.

Agung Wibowo, Aman Simaremare, & Anita Yus. (2022). Analisis Permasalahan Belajar Pendidikan Dasar. Journal of Social Interactions and Humanities, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.454

Alfulaila, N. (2022). Filosofis dan Karakteristik Pendidikan Sekolah Dasar. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue 33).

Aunio, P., Korhonen, J., Ragpot, L., Törmänen, M., & Henning, E. (2021). An early numeracy intervention for first-graders at risk for mathematical learning difficulties. Early Childhood Research Quarterly, 55, 252–262.

Awiria, A., Nurhayati, S., & Putri, F. D. C. (2017). Pembelajaran Matematika SD Kelas Rendah. http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/9082

Azizah & Nur. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(2), 83. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i2.1048

Baumann, N., Voit, F., Wolke, D., Trower, H., Bilgin, A., Kajantie, E., Räikkönen, K., Heinonen, K., Schnitzlein, D. D., & Lemola, S. (2024). Preschool Mathematics and Literacy Skills and Educational Attainment in Adolescents Born Preterm and Full Term. The Journal of Pediatrics , 264.

Berlianti, R. A. (2022). Pengaruh Lıngkungan Belajar Dan Fasılıtas Belajar Terhadap Lıterası Numerası Peserta Dıdık Kelas V Sekolah Dasar Pada Masa Pandemı. Universitas Lampung.

Cohrssen, C., & Niklas, F. (2019). Using mathematics games in preschool settings to support the development of children’s numeracy skills. International Journal of Early Years Education , 27(3), 322–339.

Conica, M., Nixon, E., & Quigley, J. (2023). Talk outside the box: Parents’ decontextualized language during preschool years relates to child numeracy and literacy skills in middle childhood. Journal of Experimental Child Psychology, 236.

Fauziah Farda, I., & Amaliyah, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1346–1357. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6008

Fauziah, S. L. (2022). Pendampingan Belajar pada Bidang Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2606–2615. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2422

Firdausy, Z. S., Sumantri, S., & Zakiah, L. (2023). Hubungan Kemampuan Lıterası Numerası Sıswa Kelas V Dalam Penyelesaıan Masalah Bentuk Soal Cerıta Matematıka. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 2298–2308. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.901

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, , Puji. (2016). Belajar dan Pembelajaran. UMM Press.

Kemendikbud, K. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Permendikbud, 1–25.

Khairun nisa, N., & Risda Amini. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Di Kelas III SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 541–547. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5499

Magdalena, I., Safitri, T., Maghfiroh, N., & Yolawati, N. N. (2020). Identıfıkası Kesulıtan Belajar Tematık Kelas 3 Dı Sd Negerı 14 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 222–233. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.886

Mudli’ah, V. K., & Manik, Y. M. (2023). Analisis Permasalahan Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 156–161. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2383

Napoli, A. R., & Purpura, D. J. (2018). The home literacy and numeracy environment in preschool: Cross-domain relations of parent–child practices and child outcomes. Journal of Experimental Child Psychology, 166, 581–603.

Ningsih, S., Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2022). Pengaruh Literasi Numerasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1938–1943. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.881

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Piper, B., Zuilkowski, S. S., Kwayumba, D., & Oyanga, A. (2018). Examining the secondary effects of mother-tongue literacy instruction in Kenya: Impacts on student learning in English, Kiswahili, and mathematics. International Journal Of Educational Development, 59, 110–127.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Discovery Learning Tema Perkembangan Teknologi Pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1830–1837. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.677

Presiden Republik Indonesia. (2021). Standar Nasional Pendidikan. 102501.

Rahmani, R. A., & Abduh, M. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2456–2465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2378

Ramírez, R., López, L. M., & Ferron, J. (2019). Teacher Characteristics That Play a Role in the Language, Literacy and Math Development of Dual Language Learners. Early Childhood Educ J , 47, 85–96.

Rifki, H. (2022). Problematika Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu.

Rohmawati, E., Anggraini, A. N., Haryadi, D., Nisa, lya K., & Muhashola, M. (2020). Hakikat, Peran Guru, Permasalahan, dan Solusi dalam Kesulitan Belajar terhadap Siswa SD Kelas 1-6 UPTD SDN Socah 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1, 639–643.

Rosalina, S. S., & Suhardi, A. (2020). Need Analysis of Interactive Multimedia Development With Contextual Approach on Pollution Material. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 93. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2107

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360.

Sari, D. A., & Wulandari, M. D. (2022). Pengaruh Metode Jajar Samping (JAMPING) pada Satuan Konversi Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6446–6452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3272

Sesanti, N. R., & Bere, M. G. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas III Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Berdasarkan Teori Newma. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1559–1464.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Cetakan ke). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. CV Alfabeta.

Titin Nuraeni, T. N., Nurkholis, Fitri Aprianti, & Dedeh. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5554

Widiastuti, R. (2019). Permasalahan Anak Usia Sekolah Dasar Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Lampung Tengah. Junal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3, 28–41.

Wijaya, A. S. D., Suhardi, S., & Mustadi, A. (2019). Aksesıbılıtas Kemampuan Lıterası Medıa Sıswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7787

Downloads

Abstract Views : 420
Downloads Count: 735

Published

2023-12-30

How to Cite

Miftakhul Khasanah, & Muhammad Abduh. (2023). Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi dan Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Soal Cerita Di Sekolah Dasar . Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1529–1543. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7277

Issue

Section

Articles