Pengaruh Model Pembelajaran Coopertive Tipe Make a Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika kelas V

Authors

  • Yuniarsi Tutiana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Sri Astuti
  • Camelia Safitri Universitas Prof Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6928

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyajikan temuan mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Make a Matchterhadap motivasi belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan eksperimental. Penelitian ini menggunakan ukuran sampel sebanyak 56 siswa. Kelas VD sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas VC sebagai kelompok kontrol. Dalam penelitian ini, para peneliti melakukan kerja lapangan untuk terlibat dalam penerapan langsung konten instruksional. Temuan penelitian penulis antara lain sebagai berikut: 1) Siswa yang dibimbing melalui model pembelajaran kooperatif mencocokkan menunjukkan peningkatan motivasi dalam domain matematika; 2) Siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional menunjukkan tingkat motivasi matematika yang cukup baik; 3) Penerapan model pembelajaran kooperatif Make a Match. Terdapat kesenjangan yang terlihat dalam motivasi memperoleh pengetahuan matematika antara siswa yang diinstruksikan menggunakan model pembelajaran khusus ini dan mereka yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Namun demikian, jika dikaji pada ranah motivasi belajar siswa, terlihat bahwa kedua model pembelajaran tersebut berpotensi memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adquisiciones, L. E. Y. D. E., Vigente, T., Frampton, P., Azar, S., Jacobson, S., Perrelli, T. J., Washington, B. L. L. P., No, Ars, P. R. D. a T. a W., Kibbe, L., Golbère, B., Nystrom, J., Tobey, R., Conner, P., King, C., Heller, P. B., Torras, A. I. V., To-, I. N. O., Frederickson, H. G., … SOUTHEASTERN, H. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Duke Law Journal, 1(1), 56–65.

Agustin, P., & Adi Winanto. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Mapel IPAS Kelas IV SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 800–813. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5471

Anggraeni, A. A. A., Veryliana, P., & Fatkhu R, I. F. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18552

Ashoumi, H., Chotimah, C., Zulfah, M. A., Rahmawati, R., & Mahfudoh, I. L. (2020). Pelatihan Metode Pembelajaran Mind Mapping Bagi Guru Mata Pelajaran di MI Darul Ma’arif. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 2. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1003

Deschuri, Cani, Dadang Kurnia, Diah Gusrayani. (2016). Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Match dengan Media Kartu Klop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 361-370.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Luhriyani, S., Wahid, a, & Hajar, a. (2020). Model Pembelajaran Flipped Learning bagi Guru-guru SMA Negeri 8 Gowa. Seminar Nasional Pengabdian …, 658–662. http://103.76.50.195/semnaslpm/article/view/16076

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243–252. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Making, M. H. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatıf Tıpe Make A Match Terhadap Motıvası Belajar Matematıka Sıswa Kelas III Sekolah Dasar Inpres Labat Kota Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 100-115.

Moghtaderi, M., Saffarinia, M., Zare, H., & Alipour, A. (2020). Effectiveness of the package of hope therapy based on positivist approach on the self-efficacy and loneliness of Parkinson patients. Health Psychology, 8(32), 73-92.

Natasia, Y., & Safrul. (2022). Model Pembelajaran Mind Mapping dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 218–225. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.46116

Nurrohmah, I. I., Kasiyun, S., Nafi’ah, N., & Taufiq, M. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sd. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 74. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i1.18126

Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.

Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968

Purwanto, T., Widyasari, T., & Christyanti, R. D. (2017). Mengembangkan Prestasi Belajar Dan Minat Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Smp Kelas Viii Menggunakan Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah. Journal of Medives, 1(1), 66–73. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Sari, L. N. (2016). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Nonrutin Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 163–170. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5919

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302

Witri. (2015). Efektifitas Strategi Pembelajarandan Motivasi Belajarterhadap Hasil Belajar. Jurnal Formatif, 2(3), 170–181.

Yunika, P., Imansyah, F., & Riyanti, H. (2022). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1707–1715.

Yusuf, R. F., Sumarwiyah, S., & Haryanti, E. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 472–477. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.433

Downloads

Abstract Views : 127
Downloads Count: 106

Published

2023-12-30

How to Cite

Tutiana, Y., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Coopertive Tipe Make a Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika kelas V . Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2162–2169. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6928

Issue

Section

Articles