Efektivitas Model Pembelajaran CORE Berbantuan Media Youtube Dalam Menulis Teks Berita

Abstract Views : 4 / Downloads Count: 1

Authors

  • Siti Nurjanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hendra Setiawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Imam Muhtarom Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9417

Keywords:

Model pembelajaran CORE, Media Youtube, Menulis teks berita

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menulis teks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dalam peningkatan keterampilan menulis teks berita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi experiment dan desain penelitian yang menggunakan pretest and posttest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Karawang Barat kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pretest dan posttest dengan dinilai oleh 5 instrumen penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) cukup efektif terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai eksperimen pada pre-test sebesar 48,33 dan rata-rata post¬-test mencapai 82,62 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil pre-test sebesar 42,22 dan rata-rata post-test sebesar 67,36. Berdasarkan hasil tersebut, perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Adapun hasil Independent Sample T Test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dengan hasil sig 2-tailed sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 5% atau 0,005. Hal ini menunjukkan bawah Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun hasil N-Gain score yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen sebesar 67,61% termasuk ke dalam kategori cukup efektif sedangkan pada kelas kontrol 42% termasuk kategori tidak efektif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dikemukakan pendapat bahwa model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) cukup efektif terhadap peningkatan keterampilan menulis teks berita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Zahrani, M. (2021). The Impact of Reflective Teaching on Students' Critical Thinking Skills in Higher Education. Journal of Educational Psychology, 113(2), 234-248. https://doi.org/10.1037/edu0000456

Dabbagh, N., & Kitsantas, A. (2022). Using Digital Tools to Enhance Student Engagement and Learning: A Comprehensive Guide. Educational Technology Research and Development, 70(4), 955-974. https://doi.org/10.1007/s11423-022-10034-5

Field, A. (2022). Discovering Statistics Using SPSS (6th ed.). SAGE Publications.

Hattie, J., & Yates, G. (2022). Visible Learning: A Synthesis of Over 1,200 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.

Munirah. (2015). Dasar Keterampilan Menulis. Makassar: Universitas Muhamaadiyah Makassar.

Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2014). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: 2014.

Vygotsky, L. S. (2021). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wang, X., Liu, S., & Zhang, Y. (2023). The Role of Visual Media in Enhancing Conceptual Understanding in Education. International Journal of Educational Technology, 19(1), 15-29. https://doi.org/10.1109/IJET.2023.00018

Yildiz, M., Bozkurt, A., & Doğan, M. (2022). The Impact of Educational Videos on Students' Learning Outcomes: A Meta-Analysis. Educational Media International, 59(3), 213-231. https://doi.org/10.1080/09523987.2022.2109765

Zainurahman. (2020). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: 2020

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Nurjanah, S., Setiawan, H., & Muhtarom, I. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran CORE Berbantuan Media Youtube Dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9417

Issue

Section

Articles