Perbedaan Penggunaan Media Visual Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Aktif dan Pasif Siswa Kelas II Gugus Mawar

Abstract Views : 27 / Downloads Count: 21

Authors

  • Bagas Gea Rivanza Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Henny Dewi Koeswanti Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9385

Keywords:

Media Visual, Problem Based Learning, Kemampuan Menulis, Kalimat Aktif, Kalimat Pasif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media visual dalam model Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan menulis kalimat aktif dan pasif siswa sekolah dasar, dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan media visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar terhadap kemampuan menulis kalimat aktif dan pasif. Penelitian ini mendukung pentingnya pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dalam konteks kurikulum pendidikan yang relevan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Desain ini memungkinkan peneliti untuk membandingkan efek penggunaan media visual dalam model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan menulis siswa, antara kelompok eksperimen yang menggunakan media visual dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media visual. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media visual dalam model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat aktif dan pasif di sekolah dasar. Analisis statistik menunjukkan bahwa kedua kelompok eksperimen memenuhi persyaratan uji normalitas dan homogenitas, dengan hasil uji beda mean (t-test) yang signifikan (p = 0,001). Hasil uji F (ANOVA) juga menegaskan pengaruh positif media visual terhadap kemampuan menulis siswa secara keseluruhan. Temuan ini mendukung pentingnya integrasi media visual dalam pendidikan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pemahaman danĀ  bahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakhti, K. Y. (2014). Analisa Karakteristik Bahasa Yang Digunakan Siswa Dalam Berkomunikasi Lisan Menggunakan Bahasa Inggris. J-IKA, 1(2), 89-99.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning (4th ed.). John Wiley & Sons.

Hmelo-Silver, C. E., Duncan, R. G., & Chinn, C. A. (2019). Scaffolding and achievement in problem-based and inquiry learning: A response to Kirschner, Sweller, and Clark (2006). Educational Psychologist, 42(2), 99-107.

Hung, W., Jonassen, D. H., & Liu, R. (2021). Problem-based learning. In M. J. Spector, M. D. Merrill, J. Elen, & M. J. Bishop (Eds.), Handbook of Research on Educational Communications and Technology (4th ed.). Springer.

Julianto, T. S., & Ratumanan, S. (2023). Pemanfaatan Generatif AI dalam Pembelajaran Bahasa untuk Siswa SD: Pendekatan Inovatif dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis. Bima Journal of Elementary Education, 1(2), 48-52.

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., & Fitri, A. K. (2021). Pemanfaatan Media Visual dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 291-299.

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13-18.

Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44-48.

Muktadir, A. M., & Ariffiando, N. F. (2021). Penerapan pembelajaran menulis puisi dengan teknik kata kunci. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 197-204.

Mumtahanah, N. (2014). Penggunaan media visual dalam pembelajaran PAI. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 2-14.

Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Rivanza, B. G., & Koeswanti, H. D. (2024). Perbedaan Penggunaan Media Visual Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Aktif dan Pasif Siswa Kelas II Gugus Mawar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9385

Issue

Section

Articles