Meningkatkan Daya Ingat Dalam Menghafal Imriti Melalui At-Takrar

Abstract Views : 25 / Downloads Count: 13

Authors

  • Habibullah Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Niken Septantiningtyas Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9362

Keywords:

At-takrar, imriti, ingatan

Abstract

Menghafal kitab Imriti, yang berisi tentang nahwu (tata bahasa Arab), bisa menjadi tantangan tersendiri. Salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan daya ingat dalam proses menghafal ini adalah melalui teknik at-takrar atau pengulangan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari proses pembelajaran At-Takrar yang digunakan dalam menghafal Imriti. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif studi kasus. Lokasi penelitian MI Darul Hikmah Dempo Timur Pasean Pamekasan dengan alasan memiliki program khusus yang fokus pada pembelajaran kitab Al-Imriti, yang merupakan salah satu kitab penting dalam ilmu nahwu serta Lembaga ini secara aktif menggunakan metode At-Takrar dalam pembelajaran yang merupakan fokus utama penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data melibatkan pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat menghafal materi dengan lebih mudah dalam waktu yang lebih lama tanpa merasa stres dan bosan berkat adanya teknik takrir seperti hafalan mandiri, hafalan bersama, dan hafalan di hadapan guru yang digunakan dalam metode At-Takrar. Guru memberikan pengawasan khusus untuk membantu siswa lebih mengontrol hafalannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ika Nur Fajriati (2020). Metode pembelajaran Nahwu di Kelas Al-Imriti Pondok Pesantren Nurul Falah Jabres, Kecamatan Sruweng kabupaten KeBumen. Hal 5-6.https://eprints.uinsaizu.ac.id/11719/1/Ika%20Nur%20Fajriyati_Metode%20Pembelajaran%20Nahwu%20di%20Kelas%20Al-%27Imr.pdf

Kurmalasari, T., Habibah, S., & Elvi, M. (2021). Sosialisasi Mengingat Cepat Dengan Teknik.4(2),57-61. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/1901

Rochanah, S. (2021). Upaya meningkatkan daya ingat materi keseimbangan lingkungan dengan menggunakan teknik mind map. Journal on Education, 4(1), 114–127. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.414

M Annisa (2020). Pembentukan Karakter Mulia Santri Autis Melalui Metode Pembiasan di Pondok Pesantren Autis Al-Achsaniyyah Kudus https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53589

Kusumawardani, E. S. (2022). Implementasi Metode Lalaran Nadzham Dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu di Pondok Pesantren Al- Barkah Al-Islamiyah TangerangSelatan.2(2).https://muhibbularabiyah.uinkhas.ac.id/index.php/pba/article/view/43

Rina Novalinda, Ambiyar, Fahmi Rizal (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler Goal oriented.https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1644

Musleh, Mahfida Inayati, Moh.Wardi (2022). Implementasi Metode At-Takrar dalam Meningkatkan Daya Ingat Hafalan Qur'an. https://www.jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/229

Imam Mashuri, Al Muftiyah, Siti Fiadhiatun Nafisah (2022). Implementasi Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Pada Program T ahfidzul Qur'an Kelas IX Mts Darul Amien Jajag Gambiran Banyuwangi. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/1302

R, A. H. A., Rozi, F., & H.K, I. (2022). Metode bernyanyi untuk meningkatkan penguasaan kosakata anak usia dini. Palapa: Jurnal Kajian Islam dan Sains Pendidikan, 10(1), 80-95.

Nu’man, A., Rozi, F., & Hendrik. (2021). Model pembelajaran kolaboratif memprediksi jenis kata terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahklak. At-Ta'lim; Media Berita Pendidikan Islam, 20(1), 54-64. https://doi.org/10.29300/atmipi.v17.i2.2018.20-31

Iswatuna (2021). Evfektivitas Penerapan Metode Tikrar Terhadap Peningkatan Hafalan Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadis di Madrasah Tsnawiyah At-Tarbiyah Islamiyah Kolaka. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2300224

P Rahayu, H Harmi, C Din (2023) Implementasi metode takrir dalam meningkatkan kemampuan menghafal santri MDTA Tahfidz Al-Mutaqqin Desa Pekalongan. http://e-theses.iaincurup.ac.id/5311/

N Nurzannah (2021). Implementasi metode tikrar pada Progran Tahfidzul Qur'an https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2363819&val=22750&title=Implementasi%20Metode%20Tikrar%20Pada%20Program%20Tahfidzul%20Quran

Hidayat (2020). Penggunaan Metode Tikrar dalam Meningkatkan Hafalan Qur'an Bagi Santri, Studi Pada Pondok Pesantren Darul Iffah Desa Tinggede Kab. Sigi. http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/751/

Rahayu, B (2020). Implementasi Metode Tikrar dalam Menghafal Al Quran di Yayasan Tahfidzul Quran Al-Fawwaz Medan. http://repository.uinsu.ac.id/15114/

Luqman, H (2021). Implementasi Metode Tikrar dalam Penghafalan Hadist-Hadist Mata pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas VIII di MTS Nurul Huda Sayung Demak. https://repository.unissula.ac.id/22876/12/

Sofiani, M (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Takrir Berbantu Media Tempel Ayat Al-Qur'an Terhadap Keterampilan Menghafal Surah Al-Fil Pada Siswa Kelas III Di MI NU Rowolaku dan MIM Delegtukang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. http://etheses.uingusdur.ac.id/5377/

H Wibowo (2020). Pengantar teori-teori belajar dan model-model pembelajaran. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=wnQLEAAAQBAJ&o

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Habibullah, H., & Septantiningtyas, N. (2024). Meningkatkan Daya Ingat Dalam Menghafal Imriti Melalui At-Takrar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9362

Issue

Section

Articles