Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ular Tangga Materi Sumber Energi Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Kasongan

Abstract Views : 6 / Downloads Count: 3

Authors

  • Nabila Nur Fauziyah Univesitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Eka Sapitri Univesitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Anisa Nur Azizah Univesitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9270

Keywords:

Pendidikan, Sekolah Dasar, IPA, Peserta Didik, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga pada materi sumber energi untuk siswa kelas IV SD Negeri Kasongan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Pengembangan media ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran di sekolah tersebut. Media ular tangga dikembangkan dalam bentuk banner berukuran 3x4 meter dengan pion dan dadu berbentuk boneka. Validasi produk dilakukan oleh ahli pembelajaran dan materi serta ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak digunakan, dengan persentase 80,56% dari ahli pembelajaran dan materi, serta 81,25% dari ahli media. Uji coba dilakukan pada 25 siswa kelas IV SD Negeri Kasongan. Hasil menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dalam menggunakan media ini, dan guru memberikan respon positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Kesimpulannya, media pembelajaran ular tangga ini terbukti efektif dan sangat layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi sumber energi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran (10th ed.). Alfabeta.

Bate’e, A. K., Derana Laoli, J., Rasti, D. S., & Wijaya Lase, I. (2023). Penerapan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. C.E.S.2023 Confrence Of Elementary Studies, 48.

Dewi, T. L., Kurnia, D., & Panjaitan, R. L. (2017). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Pips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2091–2100.

Dinda Sartika, A., Ayu Cindika, P., Salsa Bella, B., Indah Anggraini, L., Wulandari, P., Indayana, E., Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., Tarbiyah dan Tadris, F., & Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPAS SD/Mi. Publisher: Yayasan Khairul Azzam Bengkulu Journey: Journal of Development and Reseacrh in Education, 3(2), 3–5.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., & Muin, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466

Santoso, S. (2018). Penerapan Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–68. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2376

Setiawati, E., Desri, M., & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak. Jurnal Petik, 5(1), 85–91. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.494

Suartika, I. K. A., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Word Square Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 53. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17656

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Supartini, M., Ilmu, P., Sosial, P., & Sarjana, P. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di Sdn Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 1858–4985. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Yulianisa, Rizal, F., Oktaviani, & Abdullah, R. (2018). Tinjauan Keterampilan Abad 21 (21St Century Skills)Di Kalangan Guru Kejuruan (Studi Kasus: Smk Negeri 2 Solok). CIVED: Journal of Civil and Engineering and Vocational Education, 5(3), 4.

Yustanti, N. L. P. I., Sudika, W. I., & Winangun, I. M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 25–34.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Fauziyah, N. N., Sapitri, E., & Azizah, A. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ular Tangga Materi Sumber Energi Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Kasongan . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9270

Issue

Section

Articles