Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Pada Asesmen Kompetensi Minimum

Abstract Views : 11 / Downloads Count: 8

Authors

  • Mamroatul Rokfah Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Eka Diana Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9179

Keywords:

asesmen kompetensi minimum, literasi membaca, manajemen perpustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengelolaan perpustakaan dapat berkontribusi terhadap literasi membaca siswa dalam konteks penilaian kompetensi minimum serta faktor pendukung dan penghambatnya. MA Nurul Jadid dipilih sebagai lokasi penelitian karena sekolah ini memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi siswa melalui berbagai inisiatif, termasuk pengelolaan perpustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, waka kurikulum,siswa, guru, staf perpustakaan. Observasi langsung dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis tematik yang terdiri dari transkipsi (mengubah data menjadi teks), pengkodean (memberikan kode tema-tema dalam data), pengelompokan tema (mengelompokkan kode menjadi tema besar dan relevan), serta interpretasi (memberikan interpretasi dan merumuskan rekomendasi). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengelolaan perpustakaan di MA Nurul Jadid berjalan dengan lancer mulai dari segi perencanaan, perpustakaan telah menyelenggarakan kegiatan seperti pengadaan bahan koleksi, penganggaran, dan pengelolaan sumber daya manusia. Aspek organisasi perpustakaan terstruktur dengan baik sehingga memungkinkan staf perpustakaan menjalankan perannya masing-masing secara efektif. Aspek mobilisasi pengelolaan perpustakaan meliputi pelayanan dan penyediaan sarana prasarana yang diperlukan. Dalam hal pengawasan, perpustakaan melakukan pengawasan secara berkala setelah program kerja selesai. Faktor pendukung diantaranya adanya dukungan stakeholder, kegiatan workshop, ketersedian buku, lokasi yang strategi, serta lingkungan yang nyaman. Sedangkan faktor penghambat diantaranya ruang masih kurang memadai, pembagian jadwal yang belum tersingkron dan minimnya petugas perpustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., & Fauzi, F. (2023). Library Management In Increasing Students’ Interesting In Reading. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(2), 946–960.

Arillia, I., Bukhori, E. M., & Aimmah, M. (2023). Manajemen Layanan Perpustakaan Madrasah dalam meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di MTs Negeri 10 Jember. Rausyan Fikri Journal of Islamic Studies, 1(2), 104–117. https://doi.org/10.62283/rijis.v1i2.13

Ayunitias, E., Fatimah, S., & Ar, R. (2019). Pengaruh Manajemen Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7874

Diana, E., Efendi, L. M., & Kamila, S. N. (2022). Strategi Guru Dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Asesmen Nasional Di Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, 1(3), 142–154.

Hansyah, J., Putra, A. E., & Nugroho, A. S. (2019). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Ta’lim, 1(2), 43–49. https://doi.org/10.36269/tlm.v1i2.114

Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151

Hidayati, S., Botifar, M., & Khair, U. (2021). Strategi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 151. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3557

Krisdiantoro, W. T., Rangkuti, Y. Y., & Maryani, N. (2022). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Program Literasi Siswa. TADBIR MUWAHHID, 6(1), 77–93. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5498

Mannan, A. F., Rofiki, M., & Diana, E. (2023). Pengelolaan Sarana Pendidikan: Upaya Meningkatkan Literasi Siswa Melalui Pojok Baca Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 3108–3120.

Miftah, R. N., & Setyaningsih, R. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2199. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5780

Muhammad Ainul Yaqin. (2022). Strategy Of Library Development Towards Digital Library. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 52–69. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.417

Naimah, N. (2021). Manajemen Perpustakaan Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Dan Minat Baca. Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 24–39. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v9i1.2038

Ningsih Novita Rina, M. (2024). Implementasi Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SMK Islam Nurul Hikmah Sangatta.

Ramadhan, R. (2019). Manajemen Program Literasi Dalam Paraktik Pembudayaan Membaca Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional “ Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0.”

Reniwati, R. (2022). Manajemen Kurikulum dalam Menyikapi Merdeka Belajar di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.51700/manajemen.v2i2.338

Risma Firda Diana, Khoiriyah, Z., & Zuhdan, M. T. (2022). Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Sebagai Pusat Belajar Yang Meningkatkan Literasi Siswa Mi Idzharul Ulum Lamongan: Optimizing The Function Of Library As A Learning Center That Improves Student’s Literacy At Mi Idzharul Ulum Lamongan. KHIDMATUNA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.36781/khidmatuna.v1i1.312

Rofiki, M., & Munawaroh, W. (2021). Pengantar Manajemen Pendidikan Islam: Teori dan Praktek di Sekolah (K. Rasmana, ed.). Malang: CV Ampuh Multi Rejeki.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Simanungkalit, P. N. B., Rambe, N. A., & Wulandari, D. H. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Sebagai Alternatif Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal inspirasi Pendidikan (AlFIHRIS), 1(2), 262–269.

Susilawati, E., Abdurakhman, O., & Maryani, N. (2021). Manajemen Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar di Madrasah Aliyah. TADBIR MUWAHHID, 5(2), 219–243.

Warman, A. (2023). Assesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS1), 1(1), 22–29.

Widyawati, B. (2019). Peningkatan Kompetensi Literasi Bagi Peserta Didik Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi 4.0,” 415–422.

Downloads

Published

2024-07-28

How to Cite

Rokfah, M., & Diana, E. (2024). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Pada Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9179

Issue

Section

Articles