Dampak Maraknya Aksi Verbal Bullying Terhadap Self-Esteem Peserta Didik Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar

Abstract Views : 16 / Downloads Count: 16

Authors

  • Mutia Hermi Universitas Islam Riau, Pekanbaru
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9060

Keywords:

Verbal Bullying, Self-Esteem, Sekolah Dasar

Abstract

Tindakan bullying merupakan tindakan yang umum ditemukan di sekolah - sekolah, salah satunya adalah tindakan verbal bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak verbal bullying terhadap self-esteem peserta didik kelas tinggi di SDN 002 Koto Baru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dan teknik pengambilan sampel acak berdasarkan rumus Slovin untuk memilih 58 responden. Instrument penelitian untuk penelitian ini adalah kuesioner skala likert, dan metode untuk menganalisis data adalah pengujian hipotesis dengan uji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Dalam pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi, penelitian ini menemukan hubungan yang signifikan antara perundungan verbal dan harga diri siswa, dengan nilai -0,651 dan nilai p sebesar 0,000. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa koefisiennya adalah -0,469 dan nilai konstanta antara kedua variabel tersebut adalah 9,432. Artinya, semakin tinggi peserta didik mengalami verbal bullying maka self-esteem peserta didik megalami penurunan. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah peserta didik mengalami verbal bullying maka self- esteem peserta didik mengalami peningkatan. Dari uji hipotesis yang di dapat, maka hipotesis penelitian yang diterima ialah hipotesis H1 dan hipotesis H0 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, D. F. N. (2018). Self-Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan Kasus Bullying. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(1), 36–46.

Aminullah, M. (2020). Hubungan Antara Bullying Verbal Dengan Tingkat Kepercayaan Diri Remaja Di Desa Tanjung Alai Kecamatan Xiii Koto Kampar. 14.

Ani, S. D. (2019). Pengaruh Bullying verbal Di Lingkungan Sekolah Terhadap Perkembangan Perilaku Siswa. Jurnal Edueksos, 8(2), 88–101.

Anwar, A., & Nurmina, N. (2019). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(November), 79–89. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.177

Denanda, N. P., & Rismaningtyas, F. (2021). Praktik Sosial Cyber Bullying Dalam Jaringan. Jurnal Analisa Sosiologi, 10. https://doi.org/10.20961/jas.v10i0.47641

Fidrayani; serojaningtyas, M. (2023). Investigating The Relationship Between Toxic Parents And Self-Esteem In Elementary School Students. Journal of Integrated Elementary Education, 3(2), 164–171. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i2.17489

Hertinjung, W. S. (2015). Profil Pelaku Dan Korban Bullying Di Sekolah Dasar. The Second University Research Coloquium.

Khamis, V. (2015). Bullying Among School-Age Children In The Greater Beirut Area: Risk And Protective Factors. Child Abuse & Neglect, 39(1), 137–146. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2014.08.005.

Manna, Rosalba; Calzone, Samuele; Adinolfi, Paola; Palumbo, R. (2019). School Bullying As A Quality Issue In Educational Institutions: Some Evidence From Pupils With Migrant Background In Italy. The TQM Journal. https://doi.org/, https://doi.org/10.1108/TQM-10-2018-0130

Maulida, H., Darmiany, D., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Analisis Dampak Perilaku Verbal Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa di SDN 20 Ampenan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1861–1868. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.856

Najah, N. (2022). Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jurnal Educatio, 8(3), 1184–1191. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3060

Novaldy, T., & Mahpudin, A. (2021). Penerapan Aplikasi dengan Menggunakan Barcode dan Aplikasi untuk Laporan Presensi Kepada Orang Tua. ICT Learning, 5(1), 1–9.

Obet Nego, & Hulu, J. S. (2020). Pastoral Konseling Bagi Remaja Korban Bullying. SCRIPTA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, 5(1), 99–115. https://doi.org/10.47154/scripta.v5i1.48

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400

Pardede, J. A., Huda, A., Saragih, M., & Simamora, M. (2021). Verbals Bullying Related To Self-Esteem on Adolescents. Jendela Nursing Journal, 5(1), 16–22. https://doi.org/10.31983/jnj.v5i1.6903

Prihanato, D. I. (2023). Dampak Perilaku Bullying Pada Anak Sekolah Dasar di SDN Manyaran 02 Kota Kediri. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, Dan Pembelajaran, 91–96.

Priyanti, L., Nito, P. J. B., & Ariani, M. (2023). Tindakan Bullying Berhubungan Dengan Self Esteem Pada Remaja SMA. JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(3), 545–553.

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892

Refnadi. (2018). Konsep Self-Esteem Serta Implikasinya Pada Siswa. Jurnal Educatio, 4(1), 16–22. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/120182133

Sari, H. N., Pebriyani, P., Nurfarida, S., Suryanto, M. F., Suri, A. A., & Nugraha, R. G. (2022). Perilaku Bullying Yang Menyimpang Dari Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2095–2102. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2922

Stoic, V. B., & Antika, E. R. (2023). Pengaruh Self-Compassion Terhadap Self-Esteem Pada Siswa di SMAN 1 Semarang. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 7(3), 80–91.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabet.

Utomo, M. C. (2022). Hubungan Verbal Bullying Dengan Tingkat Harga Diri Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya.

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Hermi, M., & Ramadan, Z. H. (2024). Dampak Maraknya Aksi Verbal Bullying Terhadap Self-Esteem Peserta Didik Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9060

Issue

Section

Articles