Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Baku dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Dasar

Abstract Views : 14 / Downloads Count: 21

Authors

  • Salim Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Kristiawan Indriyanto Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Sartika Sari Universitas Prima Indonesia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9025

Keywords:

Kesalahan Berbahasa, Morfologi, Karangan Eksposisi

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa bidang morfologi pada karangan eksposisi siswa Kelas VI SD Negeri 1 Blangkajeren, Kabupaten Gayo Lues. Data penelitian ini berupa karangan eksposisi  siswa sebanyak 30 karangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Setelah data terkumpul dilakukan analisis kemudian dideskripsikan dalam bentuk tulisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes, yakni siswa diminta untuk menulis karangan eksposisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 30 karangan eksposisi terdapat sejumlah kesalahan morfologi dalam karangan eksposisi siswa yakni kesalahan dalam afiksasi, kesalahan kompositum, kesalahan reduplikasi, kesalahan penggunaan kata baku/ tidak baku, dan kesalahan karena adanya interfrensi bahasa Gayo terhadap bahasa Indonesia dalam karangan eksposisi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aljahra, S. A. (2022). Analisis kealahan berbahasa pada teks deskripsi karangan siswa kelas VII MTs Madinatunnajah Kecamatan Harjamukti Kabupaten Cirebon. Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Aulia, N., & N. A. (2020). Analisis kesalahan morfologi dalam artikel pendidikan surat kabar online di era new normal 2020. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2).

Elsa, N. A., et al. (2021). Analisis penerapan kata baku dan tanda baca dalam menulis kembali isi cerita fiksi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 520-528.

Fernando, M., et al. (2021). Analisis kesalahan berbahasa dalam bidang morfologi pada karangan siswa kelas VII, SMPN 11 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 5(1).

Maliki, H. (2020). Analisis kesalahan berbahasa pada tataran morfologi, EBI, dan sintaksis buku teks sosiologi kelas X SMA. Jurnal JRPP, 3(2), Desember.

Mahpudoh & Romdhoningsih, D. (2022). Analisis penggunaan kosakata baku dan tidak baku dalam bahasa Indonesia di lingkungan mahasiswa Universitas Bina Bangsa Banten. Diglosia, 6(2).

Misverani, C. (2019). Analisis kesalahan penggunaan kosakata bahasa baku dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahmawati, I. R., et al. (2019). Analisis kesalahan penerapan kata baku dan tanda baca dalam menulis kembali isi cerita fabel. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 259-269.

Rusanti, R., et al. (2022). Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 6(2), Maret, e-ISSN: 2656-6753, p-ISSN: 2598-9944.

Sabariyanto, D. (1996). Mengapa disebut baku dan tidak baku? Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Yanti, A. (2022). Analisis penggunaan kata baku dan tidak baku di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Medan. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), Maret, ISSN 2550-0848, 2614-2988.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Salim, S., Indriyanto, K., & Sari, S. (2024). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Baku dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9025

Issue

Section

Articles