Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV

Abstract Views : 9 / Downloads Count: 16

Authors

  • Mita Dewi Handari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Dadan Djuanda Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Isrok’atun Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8948

Keywords:

pembelajaran berbasis proyek, kemampuan literasi

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi yang dimiliki oleh siswa di Indonesia menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini. Berdasarkan masalah yang telah dirinci tersebut, menjadikan tujuan penelitian ini dimaksudkan guna mendalami informasi tentang kemampuan literasi dalam model project based learning baik sebelum atau sesudah. Pengumpulan data untuk mengetahui kemampuan literasi dilaksanakan dengan rangkaian petunjuk tes dalam bentuk soal kemampuan literasi siswa yang terdiri dari 8 soal pilihan ganda dan 4 soal uraian. Metode penelitian pre-eksperimental menjadi metode yang dipergunakan peneliti dipadukan pada desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian ini meneliti populasi yakni semua Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, dengan sampel penelitian mencakup seluruh siswa dan siswi kelas IV B SDN Cicenang I. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi siswa sebesar 0,4002. Peningkatan tersebut diketahui dari hasil membandingkan antara nilai pretest kemampuan literasi siswa dengan nilai posttest kemampuan literasi siswa. Nilai rata-rata kemampuan literasi yang didapatkan pada saat pretest adalah sebesar 49,37, sedangkan nilai rata-rata kemampuan literasi pada saat posttest adalah sebesar 66,93. Disandarkan pada  hasil penelitian tersebut, penulis mengambil benang kesimpulan pernyataan bahwa project based learning terbukti mampu meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (Y. N. I. Sari (ed.); Kedua). Bumi Aksara.

Fajariyanti, K. W. K., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Poluakan, C. (2022). Analisa Penerapan Project Based Learning pada Pembejalaran Tematik. Jurnal Basicedu, 6(6), 9517–9524. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4121

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.); Cet. 1). PT Bumi Aksara.

Kristiyani, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca, Kolaborasi, dan Komunnikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik VIII E SMP Dian Harapan Jakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13, 133–139. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.67388

Nurbayan, S. (2019). Teori dan Taksonomi Membaca (Ismoyo (ed.); Cetakan Pe). Kanwa Publisher.

Nurfalah, F. S., Haryanti, Y. D., & Susilo, S. V. (2019). Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Project Based Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 485–491. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/70

Rusti, E. R. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Kelas 5 Di Sdn 1 Kalibunder. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 1–4. Reading Literacy, Elementary School Students, Low Reading Literacy%0APENDAHULUAN

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161

Silvia, O. W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based Dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i2.7799

Simamora, N., Manurung, A. A., Sinaga, Y. B., Siregar, E. A. R., Manurung, R. G. H., Herman, & Br Sinaga, J. A. (2023). Analisis Budaya Literasi dalam Mengembangkan Minat Membaca di Sekolah Dasar Negeri 154500 Aek Tolang. Journal on Teacher Education, 4(3), 196–203.

Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan (Pertama). UNY Press.

Tressa Linanda, & Hendriawan, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Lensa Pendas, 7(2), 85–96. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i2.1836

Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645

Wulandari, T. N., & Reba, Y. A. (2022). Layanan Informasi dengan Media Brosur untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa. Cenderawasih Journal of Counseling and Education, 1(2), 66–78. https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2563

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Handari, M. D., Djuanda, D., & Isrok’atun, I. (2024). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8948

Issue

Section

Articles