Analisis Teknik Renang Gaya Dada Pada Atlet Pemula Tibra Banua Aquatik Club Kabupaten Banjar

Abstract Views : 39 / Downloads Count: 24

Authors

  • Ayu Triana Febrianti Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru
  • Eka Purnama Indah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru
  • Aryadi Rachman Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8869

Keywords:

Teknik Renang, Gaya Dada

Abstract

Renang Gaya Dada adalah salah satu gaya renang yang sering dipertandingkan dalam berbagai kejuaraan, baik di tingkat daerah maupun nasional. Pencapaian prestasi puncak dalam olahraga renang, faktor-faktor yang mempengaruhi sangat kompleks dan meliputi beberapa aspek utama yakni kemampuan fisik, teknik, taktik, dan kemampuan mental. Berdasarkan banyaknya faktor  faktor yang ada maka peneliti ingin melihat bagaimana penguasaan keterampilan teknik renang gaya dada atlet. Sebab teknik merupakan faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi olahraga.  Penelitian ini disebabkan oleh rendahnya prestasi atlet pemula Tibra Banua Aquatik pada saat mengikuti event “Kejuaraan Renang Borneo Swimming Cup Banjarbaru 2023 Se-Kalimantan (Terbuka)” atlet hanya mampu mendapatkan 2 medali emas dan 1 medali perak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik renang gaya dada pada atlet pemula Tibra Banua Aquatik Club Kabupaten Banjar. Penelitian dilakukan di kolam renang Antasari yang terletak di kota Banjarbaru. Peneliti menggunakan Metode survei dengan teknik purposive sampling pada 10 sampel (5 putra & 5 putri). Data dikumpulkan melalui observasi langsung oleh peneliti ahli. Hasil penelitian disimpulkan bahwa rata-rata penguasaan teknik renang gaya dada atlet adalah 80 (kategori baik), dengan kendala pada aspek mental seperti kepercayaan diri rendah, motivasi kurang kuat, kecemasan saat bertanding, fokus mudah terganggu, dan kemampuan mengatasi kegagalan yang lemah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arhesa, Sandra (2020), Buku Jago Renang Untuk Pemula. Penerbit Ilmu Cemerlang Group. Tangerang Selatan

Arikunto, Suharsimi (2019), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta. Jakarta

Berhimpong, M., & Mokoagow, A. (2020). Hubungan Daya Tahan Jantung Paru Terhadap Kemampuan Renang Gaya Dada 200 Meter Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan FIK Unima. Olympus: Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, 1(1), 18-21.

Fernandes, G. D., Donie, M., & Denay, N. (2021). Analisis Keterampilan Gerak Teknik Renang Gaya Dada. Jurnal Patriot, 3(1), 95-106.

Haryanto, J., Wijaya, A. S., Skevio, W. M., & Okilanda, A. (2021). Analisis Keterampilan Teknik Renang Gaya Dada Atlet Renang Golden Black Swimming Club Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 380-391.

Martinus, Tandiyo Rahayu, Rumini, (2021). Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Renang. Penerbit Zahira Media Publisher, Banyumas Jawa Tengah

Nurdiansyah, N. (2013). Kecemasan Pada Atlet Dalam Olahraga Renang. Wahana, 60(1).

Permana, Rahmat (2020). Teori dan Praktik : Pendidikan Jasmani di Perguruan Tinggi, Penerbit Edu Publisher, Tasikmalaya Jawa Barat

Pitwanto, (2019). Belajar Renang Dada Mudah dan Menyenangkan. Penerbit CV Budi Utama, Sleman Yogyakarta.

Hermawan Sigit, (2021). Metodologi Penelitian Bisnis; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Media Nusa Creative. Malang

Selpamira, D. A., & Roepajadi, J. (2022). Analisis kecemasan pada atlet dalam olahraga renang. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(03), 21-30.

Suhardi, Muhammad, (2023). Buku Ajar Dasar Metodelogi Penelitian. Penerbit Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, Nusa Tenggara Barat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005. Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: Diperbanyak Oleh Biro Humas dan Humas Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Febrianti, A. T., Indah, E. P., & Rachman, A. (2024). Analisis Teknik Renang Gaya Dada Pada Atlet Pemula Tibra Banua Aquatik Club Kabupaten Banjar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 560–567. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8869

Issue

Section

Articles