Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum

Abstract Views : 25 / Downloads Count: 19

Authors

  • Nurul Izzah Shafara Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Ihsanudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Isna Rafianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8840

Keywords:

Kemampuan Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum, Matematika, Numerasi, AKM

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi peserta didik kelas VIII dan kesulitannya dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Subjek penelitian adalah 35 peserta didik kelas VIII A SMP Islam Baidhaul Ahkam tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kemampuan numerasi peserta didik dominan berada pada level rendah dengan persentase sebesar 63%. Sedangkan 23% siswa dengan kemampuan numerasi sedang dan sisanya yaitu 14% berada pada tingkat kemampuan numerasi tinggi. Dari tiap tingkatan kemampuan numerasi tersebut dipilih 10 siswa sebagai subjek wawancara yaitu 3 siswa kemampuan tinggi, 3 siswa kemampuan sedang, dan 4 siswa kemampuan rendah. Kesimpulan yaitu peserta didik menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi yang diajarkan, sementara yang lainnya mengalami kesulitan dalam memahami konsep yang diajarkan. Kesulitan terbesar muncul dalam menerapkan strategi pemecahan masalah matematika, terutama dalam mengidentifikasi informasi yang relevan, mengaitkannya dengan rumus atau konsep yang tepat, dan membuat kesimpulan yang akurat. Peserta didik juga mengalami kesulitan dalam memahami soal matematika dengan baik, yang menunjukkan adanya kebutuhan akan dukungan tambahan dari guru maupun orang tua. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pendekatan pembelajaran yang beragam dan interaktif agar memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dengan cara yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alberta. (2018). Literacy & Numeracy. Retrieved 4 Desember 2023, from Alberta Education: https://education.alberta.ca/literacy-and-numeracy/. Diakses pada tanggal 4 Desember 2023.

Asrijanty, (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan implikasinya pada pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Jakarta.

Fauziah, R. (2019). Scaffolding pada Pemecahan Masalah Soal Cerita Bentuk Aljabar di Kelas VII-A MTs Al-Ma’rifat Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

GTK. (2022). Memacu Guru Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik. Tersedia pada website Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan: https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/memacu-guru-meningkatkan-kemampuan-numerasi-peserta-didik. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023.

Hartatik Sri, Nafiah. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 32-42.

Kartika, I. W., and A. D. Wulandari. 2019. “Strategi Pengajaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa: Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Kota Bandung.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 10 (2): 78–89.

Kusumaryono, R. S. (18 Februari 2020). Merdeka Belajar. Tersedia pada website Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan: https://gtk.kemdikbud.go.id/readhttps://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajarnews/merdeka-belajar. Diakses pada tanggal 4 Desember 2023.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.

Maryuliana, S. I. M. I. & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika. 1 (2), 1-12.

Mustain, I. (2015). Kemampuan Membaca dan Interpretasi Grafik dan Data: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 8 SMPN. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4.

Nabilah, S., Pujiastuti H., & Syamsuri. (2023) Systematic Literature Review: Literasi Numerasi dalam pembelajaran Matematika, Jenjang, Materi, Model dan Media Pembelajaran. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(4). 1-6

Rahayu, S., and D. Pratiwi. (2021). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Kota Surabaya.” Jurnal Pendidikan Matematika 12 (2): 100–112.

Smith, J. D., and A. B Brown. (2019). “Enhancing Mathematical Literacy: Insights From Educational Psychology.” Educational Psychology Review 31 (3): 495–512.

Susanto, A., and A. Putra. (2020). “Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia: Tinjuan Literatur.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 11 (1): 1–15.

Turner, R., and Johnson. L. (2020). “Strategies for Teaching Mathematics: A Practical Guide for Educators.” Routledge.

WEC. (2015). The Skills Needed in The 21st Century. Tersedia pada website World Economic Forum: https://widgets.weforum.org/nve-2015/chapter1.html. Diakses pada 3 Desember 2023.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Shafara, N. I., Ihsanudin, I., & Rafianti, I. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 614–622. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8840

Issue

Section

Articles