Transformasi Pembelajaran Pancasila: Keunggulan Media Pembelajaran Interaktif “Sibola Lala” Bagi Siswa kelas 1 SD

Abstract Views : 36 / Downloads Count: 23

Authors

  • Sri Suryani Universitas Negeri Malang
  • Oktaviani Adhi Suciptaningsih Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8703

Keywords:

bahan ajar, media interaktif, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya pemanfaatan media digital yang menarik dan mudah dipahami yang mampu menstimulasi peserta didik dalam pembelajaran. Dari latarbelakang tersebuat peneliti ingin mengembangkan bahan ajar berbantuan media interaktif “Si Bola Lala”. “ Si Bola Lala “ ini merupakan akronim dari kata Simbol  dari Sila-sila Pancasila yang terdapat pada materi dalam elemen Pancasila di kurikulum Merdeka fase A. Media pembelajaran  interaktif ini dikembangkan sebagai penunjang untuk meningkatkan  kemampuan berpikir kritis siswa terutama pada pelajaran Pancasila.  Media interaktif ini berbentuk PDF yang disematkan link video interaktif dan didalamnya terdapat beberapa fitur menu yang bisa diakses pengguna. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D). Menggunakan model 4D yang terdiri atas beberapa tahap (Define, Design, Develop, Dissiminate). Subjek penelitian ini meliputi 3 orang ahli 1 guru dan 28 peserta didik kelas I SDN Kalipang 01 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Setelah media ajar dibuat dan dikembangkan barulah dilakukan ujicoba yang hasilnya diperoleh setelah dilakukan rekaman data melalui wawancara, observasi dan lembar validasi aspek materi yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Dari data yang telah dianalisis diharapkan nantinya sesuai dan relevan dengan kebutuhan siswa dan guru karena media ini memberikan pembelajaran interaktif khusus dan kegiatan bermakna bagi siswa kelas 1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agasisti, T., & Antequera, G. (2023). Technological resources, ICT use and schools efficiency in Latin America – Insights from OECD PISA 2018. International Journal of Educational Development, 99(2). https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102757

Deswita, E., & Amini, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran tematik terpadu menggunakan Canva untuk siswa kelas III sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 950-961.

Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material using discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7(1), 16-22. https://doi.org/10.29210/129400

Febliza, A., & Afdal, Z. (2015). Media pembelajaran dan teknologi informasi komunikasi. Yogyakarta: Adefa Grafika.

Garris, P. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1-18. http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80-89. http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.%20Oktober.3000

Melinda, T., & Saputra, E. R. (2021). Canva sebagai media pembelajaran IPA materi perpindahan kalor di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 96-101. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848

Malgoubri, J.-B. M. B. S. & I. (2023). Teaching quality and student learning achievements in Ethiopian primary education: How effective is instructional quality in closing socioeconomic learning achievement inequalities?. International Journal of Educational Development, 99(2). https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102759

Martatiyana, D. R., Novita, L., & Purnamasari, R. (2022). Pengembangan bahan ajar flipbook manfaat energi kelas IV di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 44-57. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.6161

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran Canva dalam meningkatkan kompetensi guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, 1085-1092.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/Pengabdian/Dra-Endang-Mulyatiningsih-Mpd/

Nasrul, S. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis model problem based learning di kelas IV sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 81-92. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100491

Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan media digital berbasis flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694-705. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589

Rahmawati, A. S. (2019). Penggunaan multimedia interaktif (MMI) sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar fisika [The use of multimedia interactive (MMI) as a learning media in improving physical learning achievement]. Pancasakti Science Education Journal (PSEJ), 4(1), 7-17. Retrieved from http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/psej

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan media audio visual berbasis aplikasi Canva materi bangun ruang limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292-306. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306

Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Urnika, A. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash muatan pembelajaran PPKN materi keberagaman budaya Indonesia kelas IV SD Negeri Patemon 01 Kota Semarang. Skripsi: Unnes.

Utami, T. R., & Lena, M. S. (2022). Pengembangan bahan ajar pembelajaran tematik terpadu berbasis Flip PDF Professional di kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9004-9009. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2524

Widodo, A. P. A. (2018). Penulisan karya tulis ilmiah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia), 2(1), 102-118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Suryani, S., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Transformasi Pembelajaran Pancasila: Keunggulan Media Pembelajaran Interaktif “Sibola Lala” Bagi Siswa kelas 1 SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 568–576. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8703

Issue

Section

Articles