Analisis Pengaruh Shortvideo Dalam Perkembangan Kepribadian Anak Sekolah Dasar

Abstract Views : 29 / Downloads Count: 14

Authors

  • Muhammad Naufal Prastyana Universitas Muria Kudus
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8697

Keywords:

Shortvideo, Student Personality

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan short video dari media sosial terhadap perkembangan kepribadian siswa kelas IV di SDN Jinggotan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan short video memiliki dampak positif dan negatif terhadap kepribadian siswa. Dampak positif meliputi peningkatan kreativitas dalam berbahasa, penambahan wawasan, dan pemahaman tentang internet. Namun, dampak negatif yang ditemukan adalah siswa menjadi lupa waktu, malas, serta menggunakan kata-kata yang tidak pantas dalam interaksi sosial yang dapat menyebabkan bullying verbal. Guru memiliki peran penting dalam memberikan arahan kepada siswa mengenai penggunaan media sosial dan pentingnya pemahaman terhadap konten yang dilihat. Selain itu, peran orang tua juga sangat dibutuhkan dalam membatasi penggunaan media sosial oleh anak-anak. Kesimpulannya, meskipun media sosial short video dapat memberikan manfaat edukatif, penggunaannya perlu diawasi agar dampak negatifnya dapat diminimalisir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahadiah, A. A., Hilyana, S. F., & Rondli, W. S. (2023). Analisis penggunaan smartphone terhadap perkembangan karakter emosional siswa kelas III sekolah dasar di desa Pancur Mayong Jepara. Jurnal Basicedu, 9(3), 1583-1593.

Agustina, N. I. M., Ismaya, E. A., & Pratiwi, I. A. (2022). Dampak penggunaan gadget terhadap karakter peduli sosial anak. Jurnal Basicedu, 6(2), 2547-2555.

Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, 431, 431-440.

Alivah, W. S. (2022). Pengaruh penggunaan media YouTube terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi di sekolah dasar Kecamatan Cibeunying Kaler. Skripsi, 2022.

Asmiati, L., Pratiwi, I. A., & Fardhani, M. A. (2023). Dampak penggunaan game online terhadap kemampuan berkomunikasi anak.

Azwar, S. (2004). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brabender, V., & Fallon, A. (2009). Group development in practice: Guidance for clinicians and researchers on stages and dynamics of change. Washington, DC: American Psychological Association.

Budiman, D. (2007). Bahan ajar M.K psikologi anak dalam penjas PGSD 1. Bandung: UPI.

Fitriyani, N., Masfuah, S., & Rondli, W. S. (2023). Analisis perilaku siswa kelas 5 SDN Getassrabi terhadap game online.

Idrus, M. (2009). Metode penelitian ilmu sosial. Yogyakarta: Erlangga.

Mappiare, A. (1982). Psikologi remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Marini, R. (2019). Pengaruh media sosial Tik Tok terhadap prestasi belajar peserta didik di SMPN 1 Gunung Sugih Lab. Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mercer, J., & Clayton, D. (2012). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga.

Monita Rini, N., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3).

Nikmah, K., & Rondli, W. S. (2023). Analisis penerapan profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar.

Purwanto, N. (1996). Psikologi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, A., Ermawati, D., & Rondli, W. S. (2023). Dampak permainan game online terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar.

Sari, D. M. (2021). Penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai ajang eksistensi diri (Fenomenologi penggunaan Tik Tok pada mahasiswa UIN Shultan Thaha Saifuddin Jambi). UIN Shultan Thaha Saifuddin Jambi.

Setiadi, E. M., & Kolip, U. (2011). Pengantar sosiologi: Pemahaman fakta dan gejala permasalahan sosial: Teori, aplikasi dan pemecahannya. Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanto, R. (2019). Perilaku sosial remaja di Kelurahan Lubuk Durian Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara. Skripsi, 2019.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Prastyana, M. N., Rondli, W. S., & Pratiwi, I. A. (2024). Analisis Pengaruh Shortvideo Dalam Perkembangan Kepribadian Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8697

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)