Implementasi Penggunaan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Inklusi di Indonesia

Abstract Views : 83 / Downloads Count: 30

Authors

  • Nur Azizah Universitas Airlangga, Surabaya
  • Wiwin Hendriani Universitas Airlangga, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8586

Keywords:

Pendidikan inklusif, Teknologi digital, Media pembelajaran

Abstract

Implementasi penggunaan teknologi digital pada pendidikan inklusi merupakan kebijakan yang berdasarkan prinsip kesetaraan agar anak berkebutuhan khusus dapat mengakses pendidikan sebagaimana anak tipikal lainnya di sekolah reguler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi teknologi digital yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana media pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan adalah Narrative Literature Review dengan mengkaji 14 artikel yang diperoleh dengan meninjau beberapa situs database seperti Sinta, Research Gate, dan Google Scholar. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan penggunaan teknologi digital dalam pendidikan inklusif memiliki berbagai manfaat seperti peningkatan keterlibatan siswa, pembelajaran kolaboratif, dan keterampilan pemecahan masalah, ada juga tantangan dan hambatan yang perlu dipertimbangkan seperti akses teknologi yang terbatas, kekhawatiran tentang dampak negatif, literasi digital yang tidak memadai di antara pendidik, dan kurangnya kebijakan pendidikan yang jelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, K., Kern, M. L., Vella-Brodrick, D., Hattie, J., & Waters, L. (2018). What Schools Need to Know About Fostering School Belonging: a Meta-analysis. Educational Psychology Review, 30(1), 1–34. https://doi.org/10.1007/s10648-016-9389-8.

Alzahrani, N. (2020). The development of inclusive education practice: A review of literature. In International Journal of Early Childhood Special Education (Vol. 12, Issue 1, pp. 68–83). Anadolu Universitesi. https://doi.org/10.20489/intjecse.722380.

Andriana, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Deep Learning Bagi Siswa Inklusi di Pendidikan Vokasi Systematic Literature Review. Jurnal Tiarsie, 18(4).

Andriyan, A., Hendriani, W., & Pradna Paramita, P. (2022). Pendidikan inklusi: Tantangan dan strategi implementasinya. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 5(2), 94–106. https://doi.org/10.26555/jptp.v5i2.25076.

Arifah, C., Rakhmat, C., & Mulyadi, S. (2022). Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran. 7(1), 1694–1698. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.3375.

Ariyanto, D. (2017). Peran Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Mendukung Pendidikan Inklusi.

Baumeister, R. F., & Leary, M. R. (1997). Writing Narrative Literature Reviews. In Review of General Psychology (Vol. 1, Issue 3).

Bešić, E., Paleczek, L., & Gasteiger-Klicpera, B. (2020). Don’t forget about us: attitudes towards the inclusion of refugee children with(out) disabilities. International Journal of Inclusive Education, 24(2), 202–217. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1455113.

Erawati, T., Ayem, S., & Tahu, R. A. (2022). The Influence Of Personal Engineering Capabilities, Education And Training, And The Advance Of Information Technology On The Effectiveness Of Accounting Information Systems (Case Study On Msmes In Yogyakarta). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/profitability.

Forlin, C. , & L. M.-G. J. (Eds. ). (2008). Reform, inclusion and teacher education: Towards a new era of special education in the asia-pacific region (1st ed.). Routledge.

Grigorenko, E. L., Compton, D. L., Fuchs, L. S., Wagner, R. K., Willcutt, E. G., & Fletcher, J. M. (2019). Understanding, Educating, and Supporting Children With Specific Learning Disabilities: 50 Years of Science and Practice. American Psychologist. https://doi.org/10.1037/amp0000452.

Grönlund, Å., Lim, N., & Larsson, H. (2010). Effective Use of Assistive Technologies for Inclusive Education in Developing Countries: Issues and challenges from two case studies. In International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT) (Vol. 6).

Hoogerwerf, E., Mavrou, J. K., & Traina, I. (2022). The Role of Assistive Technology in Fostering Inclusive Education Strategies and Tools to Support Change. Routledge.

Hunt, P. F. (2021). Inclusive education: The case for early identification and early intervention in assistive technology. Assistive Technology, 33(sup1), 94–101. https://doi.org/10.1080/10400435.2021.1974122

Kapitang, F., Iqbal Lutfio, M., Ilham Wijaya, M., Luthfiyani Azizah, Y., & Husna, ul. (n.d.). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Maret, 32(1), 121–128. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3489.

Kirk, S. A. , G. J. J. , & C. M. R. (2014). Educating Exceptional Children (14th ed.).

Kurniawan, A., Isni, L., Program, B., Anak, S. P., Dini, U., Pendidikan, S., Biasa, L., Pedagogi, F., & Psikologi, D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA MODUL DIGITAL INTERAKTIF PEMBELAJARAN BRAILLE BERBASIS INKLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Inklusi, 5.

Lambrecht, J., Lenkeit, J., Hartmann, A., Ehlert, A., Knigge, M., & Spörer, N. (2022). The effect of school leadership on implementing inclusive education: how transformational and instructional leadership practices affect individualized education planning. International Journal of Inclusive Education, 26(9), 943–957. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1752825.

Leaderman, D. (2020). Will shift to remote teaching be boon or bane for inline learning? Inside Higher Ed.

Love, M. L., & Ewoldt, K. B. (2021). Implementing Asynchronous Instructional Materials for Students With Learning Disabilities. Intervention in School and Clinic, 57(2), 132–137. https://doi.org/10.1177/10534512211001847.

Mavrou, K., Symeonidou, S., & Tsakiri, M. (2024). Once inclusive always inclusive (?): experiences of Cypriot teachers and parents of children with disabilities on the use of technology and collaboration before and during the Covid-19 pandemic. International Journal of Inclusive Education, 1–17. https://doi.org/10.1080/13603116.2024.2326615.

McNicholl, A., Casey, H., Desmond, D., & Gallagher, P. (2021). The impact of assistive technology use for students with disabilities in higher education: a systematic review. In Disability and Rehabilitation: Assistive Technology (Vol. 16, Issue 2, pp. 130–143). Taylor and Francis Ltd. https://doi.org/10.1080/17483107.2019.1642395.

Muazza, Hadiyanto, Delvia, L., Heny, Mukminin Amirul, Habibi Ahmad, & Sofwan Muhammad. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi:Studi Kasus Di Sekolah Dasar Jambi. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1).

Rachmawati, N., Supena, A., Yufiarti, Yarmi, G., & Casmana, A. R. (2022). Analysis of Hybrid Learning for Students with Learning Disabilities in Primary Schools Providing Inclusive Education. Qualitative Report, 27(10), 2185–2201. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2022.5432.

Rahmi Tanjung, K., Tanjung, R., Setyosari, P., Sukmawati, E., Wirawan, R., Aulia, R., Studi Pendidikan Jasmani, P., & dan Rekreasi, K. (2024). Nusantara Educational Review Teknologi Pendukung dalam Pendidikan Inklusif: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. NER, 2(1), 1–7. https://journal.unusida.ac.id/index.php/ner/.

Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review. KELOLA: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 209–217.

Sari, Z. P., Sarofah, R., & Fadli, Y. (2022). The Implementation of Inclusive Education in Indonesia: Challenges and Achievements. Jurnal Public Policy, 8(4), 264. https://doi.org/10.35308/jpp.v8i4.5420.

Sparks, H. (2019). Digital Technology and Inclusive Learning. In Encyclopedia of Educational Innovation (pp. 1–6). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-2262-4_136-1.

Suwahyo, B. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2022). Pemanfaatan Teknologi Asistif dalam Pendidikan Inklusif Article Info Abstrak. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 51–63. https://doi.org/10.17977/um039v7i12022p051.

Toronto, N. (2016). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi pada Tingkat SD. Jurnal Humanitas, Indonesian Psychological Journal, 13(1).

Zayyadi, M., Lanya, H., Linarsih, Y., & Saputra, A. (2023). Pendampingan Sekolah Inklusi Melalui Media Ethno Web Digital Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensi Dan Penguatan Profil Belajar Pancasila. 3(1), 799–807. https://etdci.org/journal/patikala/.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Azizah, N., & Hendriani, W. (2024). Implementasi Penggunaan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Inklusi di Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 644–651. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8586

Issue

Section

Articles