Latihan Sasaran Terhadap Ketepatan Shooting Menggunakan Tes Bobby Charlton Pada Atlet Akademi Futsal Cirebon

Abstract Views : 100 / Downloads Count: 125

Authors

  • Ahmad Fauzan Malik
  • Indra Adi Budiman
  • Sandra Arhesa Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.8417

Keywords:

Shooting, Latihan Sasaran, Futsal

Abstract

Masalah terpenting dalam upaya peningkatan prestasi dalam permainan futsal adalah peningkatan kualitas pemain. Upaya peningkatan kualitas pemain, diperlukan peningkatan kualitas pembinaan dan pelatihan. Selain penguasaan teknik dasar permainan futsal, ada pula penguasaan teknik shooting yang perlu diutamakan dalam rangka pencapaian prestasi yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan sasaran terhadap ketepatan shooting pada atlet Akademi Futsal Cirebon. Metodelogi dari Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan desain One-groups pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah atlet yang berjumlah 58 peserta. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel atlet kategori usia 15 tahun dengan jumlah 15 atlet. Instrumen penelitian menggunakan Tes Bobby Charlton. Analisi data dengan menguji rata-rata dan simpangan baku, normalitas, homogenitas serta hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.00, karena nilai signifikansinya kurang dari 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa latihan sasaran menggunakan tes Bobby Charlton memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan ketepatan Shooting futsal. Bagi peneliti selanjutnya agar menambahkan variabel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agischa, R. D., & Wahyudi, H. (2022). Analisis Teknik Dasar Bermain Futsal Timnas Putri Indonesia Pada Piala AFC Woman’s Championship Tahun 2018. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 2(1), 18–28. https://doi.org/10.26740/ijok.v2n1.p18-28

Alfarizi, S. F. (2020). Pengaruh Variasi Latihan Shooting Terhadap Akurasi Shooting Ke Gawang Permainan Futsal. In Unsil.

Anam, K. (2013). Pengembangan Latihan Ketepatan Tendangan Dalam Sepakbola Untuk Anak Kelompok Umur 13-14 Tahun. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 3(2), 78–88. https://doi.org/10.21831/jpok.v1i1.41

Darma, Sarwita, T., & Yudha, D. (2021). Pengaruh Latihan Permainan Target Terhadap Ketepatan Shooting Pada Pemain Bale Junior Fc. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–18.

Fitranto, N., Wardoyo, H., Prabowo, E., Paranoan, A., & Andri, G. (2023). Studi Korelasional Persepsi kinestetik dengan Kemampuan Passing Pemain Futsal Universitas Negeri Jakarta. Jurnal SEGAR, 11(2), 55–60.

Govinda, R. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Shooting Melalui Media Sasaran Pada Siswa MTs Noling. Universitas Muhamadiah Palopo.

Hafazhah, I. M., Rahayu, E. T., & Aminudin, R. (2021). Pengaruh Modifikasi Permainan 4-1 Kucing Bola Terhadap Ketepatan Passing Bagian dalam Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Futsal Madrasah Aliyah (MA) di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5). https://doi.org/10.5281/zenodo.5501587

Hasanuddin, M. I. (2023). Analisis kemampuan shooting dalam permainan sepak bola. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2), 227–235. https://doi.org/10.33659/cip.v11i2.285

Prayoga, N. A., Ali, M., & Yanto, A. H. (2022). Pengaruh Latihan Variasi Kelincahan Terhadap Kemampuan Dribbling Pada Pemain SSB. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(2), 119–132. https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i2.19356

Saryono. (2006). Futsal Sebagai Salah Satu Permainan Alternatif Untuk Pembelajaran Sepakbola Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(November), 12. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/6249/5429

Downloads

Published

2024-03-24

How to Cite

Fauzan Malik, A., Adi Budiman, I., & Arhesa, S. (2024). Latihan Sasaran Terhadap Ketepatan Shooting Menggunakan Tes Bobby Charlton Pada Atlet Akademi Futsal Cirebon. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 324–330. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.8417

Issue

Section

Articles