Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar

Abstract Views : 10 / Downloads Count: 7

Authors

  • Mira Aninditaningrum Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7952

Keywords:

Kesulitan Belajar Matematika, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa, dengan salah satu aspek pendukungnya adalah motivasi belajar. Penelitian ini mendeskripsikan kesulitan belajar matematika yang dialami oleh 36 siswa kelas VIII di SMP Negeri 37 Kota Bekasi. Menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus, penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 45 siswa dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes tulis, angket, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika terbagi menjadi tiga kategori utama: 83% siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep, 100% siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan prinsip, dan 33% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dalam bentuk verbal. Selain itu, motivasi belajar siswa berada pada tingkat sedang dengan nilai rata-rata sebesar 59,4%. Penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun tingkat kesulitan belajar matematika bergantung pada masing-masing individu, motivasi belajar memiliki pengaruh positif dalam menurunkan tingkat kesulitan yang dialami siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, N., Hawa, S., Somakim, Purwoko, Hartono, Y., & AS, M. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. https://andridm72.files.wordpress.com/2014/12/pengembangan-pembelajaran-mtk.pdf

Ali, F. A., Payong, P., Jandu, I. H., & Kurniati, P. (2023). Belajar Matematis Mahasiswa. Pembelajaran, Jurnal Inovatif, Matematika, 6(1), 91–104. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.11531

Budiyani, A., Marlina, R., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Maju, 8(2), 310–319.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). FIFTH EDITION RESEARCH DESIGN Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf

Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mercubuana, 1. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/259/233

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. In Anna (Ed.), PT.Refika Aditama (1 ed.). PT Refika Aditama.

Oktava, M. A. (2018). MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP KELAS VIII. http://eprints.ums.ac.id/62213/2/HALAMAN DEPAN.pdf

Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS%0AFaktor

Rosdianah, Kartinah, & Muhtarom. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. 1(5), 120–132.

Safitri, M., Mukharomah, H., Dzahabiyyah, S. N., Listianadewi, F., Palupi, L. R., Nursatamala, S., & Darmadi. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas 7 dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Aljabar Ditinjau dari Gender. JPdK JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING, 3 No. 2. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1789

Setyawati, A., & Ratu, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2941–2953. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.957

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Aninditaningrum, M., Firmansyah, D., & Adirakasiwi, A. G. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 659–672. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7952

Issue

Section

Articles