Evaluasi Model Context, Input, Process dan Output Pada Program Sekolah Adiwiyata

Abstract Views : 74 / Downloads Count: 82

Authors

  • Astuti Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7326

Keywords:

Evaluasi CIPP, Program Adiwiyata

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripiskan evaluasi model CIPP pada program sekolah Adiwiyata di SDN 9 Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian evaluasi model CIPP dengan tipe pendekatan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru sekaligus tim adiwiyata, dan siswa yang totalnya berjumlah 4 orang terdiri dari 3 perempuan dan 1 laki-laki berumur dari 11 tahun sampai dengan 55 tahun dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi serta instrumen utamanya adalah peneliti sendiri. Prosedur analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Temuan utama dalam penelitian ini diantaranya terdapat peraturan perundangan yang mendasari program, perumusan visi-misi sekolah, tersedia sumberdaya manusia sarana prasarana, kurikulum bermuatan Adiwiyata, kemitraan, dan karakter siswa yang berbudaya lingkungan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah evaluasi komponen context sudah memenuhi kriteria, evaluasi komponen input sebagian besar sudah terpenuhi, evaluasi komponen process dilaksanakan dengan baik, dan evaluasi komponen product menunjukan karakter siswa yang peduli dan merawat lingkungan dengan rutin bersih-bersih, menyiram tanaman, hemat air, dan hemat energi. Implikasi dari penelitian ini adalah menambah pengetahuan tentang pelaksanaan sekolah Adiwiyata khususnya bagi sekolah, peneliti selanjutnya, dan bagi para pembaca. Yang kedua memberikan hasil evaluasi dari pelaksanaan program Adiwiyata agar program bisa dilakukan lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda R., Banurea K. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan : CV Widya Puspita

Ferdi W.P. (2013) Pembiayaan Pendidikan Suatu Kajian Teoritis, Puslitjak, Balitbang, Kemendikbud. dapat diunduh di https://www.researchgate.net/publication/323635921_Pembiayaan_Pendidika n_Suatu_Kajian_Teoritis/link/5aa147580f7e9badd9a42fb2/download

Handayani, T. (2014). Evaluasi Program Adiwiyata Dalam Mewujudkan. The Progressive and Fun Education Seminar The Progressive and Fun Education Seminar, Yogyakarta, 2014, 184–190. Dapat diunduh di https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7645/21.pdf?sequence=1

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. (2011) Panduan Adiwiyata Sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Jakarta : Depdikbud. Diunduh dari https://www.scribd.com/doc/185890174/Buku-panduan-Adiwiyata-2011-final-pdf

Maryani, I. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Ditinjau Dari Aspek Kegiatan Partisipatif Di Sdn Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 170. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i3.2723

Pelita, A. C., & Widodo, H. (2020). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 145–157. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p145

Prawiro, S., & Hartmann, M. D. (2017). Evaluating the Implementation of Sekolah Adiwiyata ( Adiwiyata ) Program : Evidence from Indonesia. 12(6), 1483–1501. Dapat diunduh http://www.ijese.net/makale/1914.html

Prihantini, P. (2020) Rumusan Visi Misi dan Konsistensinya Terhadap Kultur Sekolah. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora. dapat diunduh di https://www.semanticscholar.org

Stern, M. J., Powell, R. B., & Hill, D. (2014). Environmental education program evaluation in the new millennium: what do we measure and what have we learned? Environmental Education Research, 20(5), 581–611. https://doi.org/10.1080/13504622.2013.838749

Subianto, B., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1683–1689. dapat https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.900

Widodo H., Haryadi Didit (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Adiwiyata Untuk Meningkatkan Kemampuan Practical Life. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 195-210. dapat diunduh di DOI: 10.31538/ndh.v5i2.558

Xiong, H., Fu, D., Duan, C., Liu, C. E., Yang, X., & Wang, R. (2013). Current status of green curriculum in higher education of Mainland China. Journal of Cleaner Production, 61, 100–105. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2013.06.033

Yachina, N. P., Khuziakhmetov, A. N., & Gabdrakhmanova, R. G. (2018). Formation and development of the regional system of continuous environmental education of a teacher. Ekoloji, 27(106), 1315–1322. dapat diunduh di http://ekolojidergisi.com/download/formation-and-development-of-the-regional-system-of-continuous-environmental-education-of-a-teacher-5413.pdf

Zhang, G., Zeller, N., Griffith, R., Metcalf, D., Williams, J., Shea, C., & Misulis, K. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4), 57–84. tersedia http://openjournals.libs.uga.edu/index.php/jheoe/article/view/628

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Astuti, A. (2024). Evaluasi Model Context, Input, Process dan Output Pada Program Sekolah Adiwiyata. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 398–407. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7326

Issue

Section

Articles