Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Barisan Dan Deret

Abstract Views : 94 / Downloads Count: 99

Authors

  • Heli Susmina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7131

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematis, Materi Barisan dan Deret, Matematika

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis yang rendah dapat mempengaruhi cara siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika maupun permasalahan sehari-hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki siswa kelas X pada materi barisan dan deret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di salah satu SMK Negeri di kabupaten Karawang, yang di lakukan di kelas X semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Sample sebanyak 3 siswa dijadikan subjek dalam penelitian ini. Ketiga siswa tersebut mewakili siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes tertulis kemampuan pemahaman konsep. Soal berbentuk uraian yang sebelum digunakan sudah di uji validasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan mengelompokan siswa berdasarkan kategori tinggi, sedang, rendah. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap materi barisan dan deret berada pada kategori sedang karena pengkategorian siswa lebih dominan pada kategori sedang dengan hasil pengkategorian pada kategori tinggi sebanyak 18,75% berjumalah 6 siswa, sedangkan pada kategori sedang sebanyak 65,63% berjumlah 21 siswa dan pada kategori rendah sebanyak 15,62% berjumlah 5 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahani, K. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).

Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdiana, L. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa smp. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 62-70.

Chintya, C. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Self Regulated Learning. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Pada Materi Kubus Dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2 (4), 87–94.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239.

Lestari & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EduMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Muhammad, I. (2020). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Alqalasadi, 4(1), 24–30.

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99-110.

Nilasari, D., & Warmi, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penyelesaian Soal Persamaan Kuadrat Pada Kelas X. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Oktari, G., Putra, A., Putri, R., & Ningsih, F. (2018). Penggunaan strategi mind web untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 6(2), 70-76.

Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 55-70.

Permatasari, B. A. D., & Kristiana, A. I. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi aljabar siswa kelas viii smp negeri 2 bangil. Kadikma, 6(2).

Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Bentuk Aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 639-648.

Qalbu, N., Ahmad, S., & Fatmawati, K. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)..

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Ubaidillah, A., & Abadi, A. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa Kelas Viii Dalam Materi Relasi Dan Fungsi Di Smpit Bina Insani Cikampek. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2).

Winata, R., & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari minat belajar dan gender. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 6(1), 1-18.

Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemandirian Belajar S iswa pada Kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439-448.

Zein, M., & Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Daulat Riau.

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Susmina, H., & Marlina, R. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 387–397. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7131

Issue

Section

Articles