Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam Proses Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kemandirian Pada Peserta Didik Kelas V

Abstract Views : 71 / Downloads Count: 73

Authors

  • Jihan Andini Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Trian Pamungkas Alamsyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6778

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Kemandirian Belajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang terus mengalami perkembangan seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi pendekatan pembelajaran saintifik terhadap perkembangan kemandirian belajar peserta didik di SDN Semper Barat 11, khususnya pada kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dilakukan dengan baik, meliputi penetapan tujuan pembelajaran, pemilihan model pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di kelas V dilakukan melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan kemandirian belajar, ditandai dengan keaktifan dalam belajar, motivasi yang tinggi, berdasarkan inisiatif sendiri, dan melakukan kontrol diri. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran saintifik memiliki kontribusi yang signifikan dalam pengembangan kemandirian belajar peserta didik di SDN Semper Barat 11. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi praktisi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif serta memberikan landasan empiris untuk peningkatan metode pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kemandirian belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1):1-9.

Haris, A. P., Dewi, N. K., & Jaelani, A. K. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. Journal of Classroom Action Research, 5:315-320.

Hasnan, S. M., Rusdinal, & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery LearningDan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2):239-249.

Hidayat, R., Iskanadar, D., & Azhari, A. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Pembelajaran Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Dakwah, 18(2):1-24.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalalm Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jannah, F., Sulistiyana, & Sugianto, A. (2022). Hubungan Keterampilan Sosial dan Kontrol Diri dengan Penerimaan Teman SebayaPada Siswa SMP Negeri 33 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan dan Konseling , 12(1):75-84.

Magdalena, I. (2020). Evaluasi Pembelajaran SD (Teori dan Praktik). Jawa Barat: CV Jejak

Mariana, D. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2):172-178.

Marlina, DKK. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung.

Sari, E. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(1):74-82.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, Fuadi, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Kemandirian Belajar Matematika Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1):1389-1397.

Syarifuddin, H. (2023). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013. Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 5(2):259-269.

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Putri, J. A., Alamsyah, T. P., & Pribadi, R. A. (2024). Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam Proses Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kemandirian Pada Peserta Didik Kelas V . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 363–369. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6778

Issue

Section

Articles