Peran Penilik dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru PAUD: Evaluasi Dampak Program dan Pengendalian Mutu

Abstract Views : 130 / Downloads Count: 110

Authors

  • Endah Rohyani Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Hamid Patilima Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6747

Keywords:

peran penilik, pengendali mutu dan evaluasi, motivasi kerja, guru PAUD

Abstract

Jabatan fungsional penilik adalah tenaga kependidikan sebagai pelaksana teknis fungsional dengan tugas utama melaksanakan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program Pendidikan anak usia dini (PAUD), Pendidikan kesetaraan dan keaksaraan serta kursus pada jalur Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) berkedudukan di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.  Keberadaan penilik sangat penting untuk peningkatan kualitas Pendidikan anak usia dini (PAUD), Pendidikan kesetaraan dan keaksaraan serta kursus pada jalur Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI).  Penilik dapat membantu guru dalam mengatasi masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja guru.  Selain mebantu kepala sekolah dalam menjalankan peran sebagai guru, pemimpin, administrator, supervisor, motivator, pembaharu dan manajer dengan melaksanakan pembimbingan dan memberikan masukan kepada kepala sekolah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap data sejauh mana peranan penilik dalam meningkatkan motivasi kerja guru PAUD di Kecamatan Kotabaru, Karawang.  Dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya peranan penilik yang langsung turun memberikan motivasi, terbukti mengalami peningkatan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, A. M. (2020). Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan interaksi pembelajaran peserta didik SD integral rahmatullah tolitoli. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 12(1), 30-37.

Afriani, D., & Okmandar, D. S. (2022). Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Daring Di Tk Negeri Pembina Sabak Auh. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(3), 194-198.

Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi. Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis penguatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 51-57.

Fredianto, D. (2016). Hubungan antara Motivasi Kerja dan Kedisiplin dengan Kinerja Guru di SD. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(4).

Haderani, H. (2021). Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Banjarmasin. AT-TARWIYAH, Jurnal STAI Al-Washliyah Barabai, 14(27), 49-60.

Henakin, S. T., & See, S. (2021). Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Katolik. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 381-394.

Junaidi, F. (2020). Strategi Pembinaan Penilik Terhadap Pendidik Paud Melalui Pembimbingan Responsif Di Paud Dewi Sartika Kecamatan Muara Bangkahulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(1), 39-50.

Laha, M. B. (2020). Kinerja Penilik Kesetaraan dan Keaksaraan di Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 80-88.

Mangkunegara, A. A. P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan emosi guru, stres kerja, dan kinerja guru SMA. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 134-155.

Maryadi, M. (2016). Kinerja Penilik Non Formal Di Kabupaten Boyolali Tahun 2016. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(2).

Nining, A. S., Jaenab, J., & Wulandari, W. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Bima. Trending: Jurnal Manajemen dan Ekonomi, 1(4), 392-405.

Perni, N. N. (2019). Kompetensi pedagogik sebagai indikator guru profesional. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 175-183.

Pondrinal, M. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Kecamatan Mungka. Jurnal Ekobistek, 1-7.

Puluhulawa, C. W. (2013). Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual meningkatkan kompetensi sosial guru. Makara Seri Sosial Humaniora, 17(2), 139-147.

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11-20.

Rohmani, N. (2020). Analisis angka partisipasi kasar pendidikan anak usia dini (PAUD) di seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 625.

Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 130-144.

Sudarwati, S. (2018). Impelementasi Supervisi Individu Berkelanjutan (Indent) Penilik Sebagai Teknik Pembimbingan Pada Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini Menghasilkan Mutu KBM. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2).

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sumarni, S. (2020). Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Mata Pelajaran Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Watampone. JURNAL AL-QAYYIMAH, 2(2), 1-14.

Sunyoto, D., & Wagiman, W. (2023). Memahami Teori-Teori yang Membahas Motivasi Kerja. Eureka Media Aksara

Yuwenda, L. P. S., & Heryanda, K. K. (2022). Peran Motivasi Kerja Memediasi Stres Kerja pada Kepuasan Kerja Guru Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Buleleng. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1), 24-32.

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Rohyani, E., & Patilima, H. (2024). Peran Penilik dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru PAUD: Evaluasi Dampak Program dan Pengendalian Mutu. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 75–80. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6747

Issue

Section

Articles