Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah

Abstract Views : 236 / Downloads Count: 276

Authors

  • Zasiyah Auliyatulloh IAI AL-AZIS Indramayu
  • Dewi Utami IAI Al-Azis Indramayu
  • Iis Humaeroh IAI Al-Azis Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6708

Keywords:

Peran Wali Kelas, Motivasi belajar

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan generasi yang berkualitas. Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah motivasi belajar siswa. Tingkat motivasi belajar yang tinggi dapat membantu siswa mencapai hasil akademik yang lebih baik dan memperoleh pengetahuan secara efektif. Motivasi belajar adalah sesuatu yang menggerakkan atau mendorong siswa untuk belajar dan menguasai materi pelajaran yang sedang diikutinya maka, motivasi dapat diartikan sebagai daya penggerak yang telah menjadi aktif. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk menjelaskan bagaimana peran wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar dan mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung wali kelas dalam Meningkatkan Motivasi belajar siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun. Hasil dari penelitian ini, peran yang dilakukan oleh wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun yaitu, Wali kelas memiliki peran penting dalam mendorong dan menginspirasi siswa untuk belajar, berkembang, dan mencapai potensi terbaik mereka. Seorang wali kelas tidak hanya bertugas memberikan materi pelajaran, tetapi juga berfungsi sebagai figur yang memberikan dukungan emosional, membangun hubungan yang baik dengan siswa, dan membantu mereka merasa termotivasi untuk meraih tujuan akademik dan pribadi.. faktor penghambat wali kelas yaitu, masih didapati siswa yang belum bisa membaca, menulis dan menghitung, tidak semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, tidak fokus dalam belajar, masih homesick atau rindu dengan suasana dirumah, sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya media dan alat bantu untuk kegiatan pembelajaran, wali kelas sangat aktif dan kreatif, wali kelas mempunyai tujuan yang jelas dan dapat berkolaborasi dengan orang tua dirumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhitya, J. R. (2022). Strategi Wali Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 3C Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal. Skripsi, 19.

Ambaryuni, R. (2021). Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus Di Min 7 Ponorogo). Skripsi, 18-19.

Azalia, N. (2021). Upaya Wali kelas Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Viii Di Mts N 2 Tanggamus. Skripsi, 56.

Dewi, W. A. (2022). Peran Wali Murid Kelas 5 Sd Integral Luqman Al-Hakim Trenggalek Dalam Meningkatkan Keistiqomahan Anak Beribadah Di Masa Pandem. Skripsi.

Fawaid, I. (2021). Rekonstruksi Makna Semboyan Ki Hajar Dewantaradalam Praktik Pendidikan Islam. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam.

Hero, H. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar.

Jannah, H. (2018). Peran Wali Kelas Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas Vii Di Mts Zainul Musthafa Nw Pengadang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi.

Jimmi, V. (2017). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang. Palembang.

Lomu, L. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Lutfiana, N. L. (2016). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Mi Ma’arif Nu 02 Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Skripsi.

Nastiti, N. R. (2018). Peranan Kompetensi Kepribadian Wali kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MIS Nurul Hasanah Walbarokah . Skripsi, 1 dari 101.

Putri, F. H. (2022). Peran Wali kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era New Normal Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Seluma. Skripsi.

Rafsanjani, A. (2023). Peran Wali kelas Ips Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas Viii Mtsn 1 Kabupaten Malang. Skripsi.

Reza, M. D. (2019). Peran Wali kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Vii Di Mts Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi.

Risa, N. (2020). Peran Wali Kelas Dalam Pengelolaan Kelas Di Mtss Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar. Skripsi, 12.

Rizkiandani, W. (2022). Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Pada Sd Kanisius Sidowayah 02 Klaten. Skripsi.

Septiani, D. (2021). Upaya Wali Kamar Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa-siswi Di Asrama SDIT Al-Waddah Coper Jetis Ponorogo . Skripsi, 1.

Sholihah, M. (2017). Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MIN MLARAK Ponorogo Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharni. (2021). Upaya Wali kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 176.

Sunanda, B. (2021). Peran PenWali kelass Asrama Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Di Asrama Putra Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas Tanah Datar. Pendidikan Islam.

Syahrani. (2022). Peran Wali Kelas Dalam Pembinaan Disiplin Belajar Di Pondok Pesantren Anwarul Hasaniyyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong. Jurnal Ilmiyah dan Kemasyarakatan.

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Zasiyah Auliyatulloh, Utami, D., & Humaeroh, I. (2024). Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 346–356. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6708

Issue

Section

Articles