Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Kelas XI SMA

Abstract Views : 300 / Downloads Count: 522

Authors

  • Rizky Gustian MR Universitas Sriwijaya
  • Kurnisar Universitas Sriwijaya
  • Tyas Masito Mutiara Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6652

Keywords:

Wordwall, Hasil Belajar, mata pelajaran PPKn

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di SMA Negeri 3 Palembang ketika guru dihadapi dengan permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar peserta didik dan kegiatan pembelajaran yang tidak aktif karena terlihat monoton dan membosankan. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn melalui penggunaan aplikasi wordwall dikelas XI.I SMAN 3 Palembang disemester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Menggunakan metode penelitian PTK penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus pembelajaran yang terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, refleksi dan evaluasi yang dilakukan dari awal Juli sampai Akhir Agustus. Data diolah dengan menggunakan rumus analisis persentase. Dimana hasil belajar peserta didik di kegiatan pra siklus hanya 18 orang saja yang mencapai nilai KKM dengan kriteria ketuntasan 40%  lalu dilakukan tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 20% dengan kriteria ketuntasan 44,46% namun belum mencapai target capaian yang telah ditetapkan oleh penulis kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 44 orang peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan kriteria ketuntasan 98,78%. Maka penulis menetapkan penelitian berhasil dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, N., Nabillah, W., Ramadani, I., & Rahman Nasution, A. (2023). Penggunaan Media Software PowerPoint Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 14–20. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.42

Anatasya, E., & Anggareni Dewi, D. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha (Vol. 9, Issue 2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Ariyana, Ramdhani, I. S., & Sumiyani. (2020). Merdeka Belajar Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa : Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia , 3(2), 356–370. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2

Azizah, H. N. (2020). Peningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. ALSUNIYAT, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212

Cantika Pertiwi, I. (2023). EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Monopoli Pada Pembelajaran Tema Benda di Sekitarku Siswa Kelas III SD (Vol. 02).

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan , 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Gempita, L. E., Alfiandra, A., & Murniati, S. R. (2023). Penerapan Model TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1816–1828. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5592

Irwan, I., & Hasnawi, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235–245. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.343

Jumrawarsi, & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. 2(3).

Ketut Mudana, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 5(1), 86–94. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. In JPK (Vol. 4, Issue 1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum" Merdeka Belajar" Di Era Society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 05(01).

Nur Khanifah, L. (2019a). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 5(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Nur Khanifah, L. (2019b). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 5(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter:Jurnal Ilmiah Pendidikan, 01(05). https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/index

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat , 03(01). www.wordwall.net

Putu, G., & Arimbawa, A. (2021). Penerapan Wordwall Game Quis Berpadukan Clasroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Gustian MR, R., Kurnisar, K., & Mutiara, T. M. (2024). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Kelas XI SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 52–60. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6652

Issue

Section

Articles