Faktor-Faktor Pendukung Kemampuan Literasi Budaya Pada Anak Penghasil Produk Genteng di Desa Kembang Getaan Dukuhseti Pati

Abstract Views : 120 / Downloads Count: 92

Authors

  • Nihlatiz Zakiyah Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus
  • Ahmad Bakhruddin Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6594

Keywords:

Fakor pendukung, Literasi, Penghasil genteng

Abstract

Literasi adalah kemampuan memahami budaya sebagai salah satu unsur masyarakat yang melaksanakan hak dan kewajiban untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan orang lain. Literasi budaya harus diperkenalkan sejak awal karena anak harus memahami budaya, adat istiadat, kepercayaan, ras dan suku bangsa Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan di Desa Kembang Getaan Dukuhseti Pati bahwa faktor  kemampuan literasi budaya anak penghasil produk genteng didukung oleh faktor eksternal dan internal, faktor eksternal antara lain lingkungan masyarakat, latar belakang keluarga, intensitas kekuatan dari stimulus. Sedangkan faktor internal didukung oleh pengalam dan minat informan. Masing-masing faktor memiliki peran tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung kemampuan literasi budaya dalam masyarakat penghasil produk genteng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian etnografi. Adapun langkah-langkah dalam penelitian etnografi yaitu mengorganisir file, membaca keseluruhan informasi dan memberi kode, menguraikan peristiwa yang diteliti, menginterpretasi penemuan dan menyajikan presentasi variative berupa table. Dengan menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang terdiri dari 11 orang diantaranya satu kepala desa sebagai informan kunci, lima anak penghasil produk genteng dan lima penghasil produk genteng. Dari kedua faktor tersebut peneliti dapat menyimpulkan peran yang besar adalah masyarakat dimana kedua faktor tersebut didukung oleh masyarakat sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Ahsani, L. F. A., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7-16.

Arifin, H. S., Fuady, I., & Kuswarno, E. (2017). Factor analysis that effect university student perception in untirta about existence of region regulation in serang city. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1).

Darniyanti, Y., Rahmayati, I., & Filahanasari, E. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantu Canva Mata Pelajaran IPAS untuk Mendukung Merdeka Belajar Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1507-1517.

Desyandri, D. (2018). Nilai-nilai kearifan lokal untuk menumbuhkembangkan literasi budaya di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1-9.

Emzir. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Edisi Revisi. 143.

Hatmanto, A. T. (2009). Pengujian Kualitas Genteng Pres. Skripsi. Surakarta: Pendidikan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret.

Herdiyansyah, H. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Salemba Humanika. 74.

Iskhaq, A., Oktaviyanti, I., & Fajrie, N. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Budaya Genteng Desa Mayongkidul Jepara. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Literasi Budaya dan Kewargaan. Gerakan Literasi Nasional, 8(9), 1–58.

Marpaung, L. A. (2013). Urgensi Kearifan Lokal Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Pelaksanaan Otonomi Daerah. Yustisia Jurnal Hukum, 2(2).

Utami, I. W. P., & Muzakki, A. (2020). Analisis Pendampingan Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Di Era New Normal. Wahana, 72(2), 126-130.

Zuhri, A., & Bakhruddin, A. (2021). The Model Of Religious Moderation In Social Life: Study of Living Religion in Badongan, Kudus. Addin, 15(1), 71-90.

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Zakiyah, N., Fajrie, N., & Bakhruddin, A. (2024). Faktor-Faktor Pendukung Kemampuan Literasi Budaya Pada Anak Penghasil Produk Genteng di Desa Kembang Getaan Dukuhseti Pati. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 29–36. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6594

Issue

Section

Articles