Efektivitas Problem-Based Learning Berbasis Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 SD

Abstract Views : 89 / Downloads Count: 85

Authors

  • Linda Putri Utami Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Pendidikan Profesi Guru PGSD, Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Pendidikan Profesi Guru PGSD, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6472

Keywords:

Problem-Based Learning, Papan Pintar, Motivasi Belajar

Abstract

Pendidikan memainkan peran krusial dalam pembentukan masyarakat yang maju dan berkelanjutan, di mana salah satu aspek utamanya adalah menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang dan memotivasi siswa untuk belajar. Motivasi belajar menjadi faktor penting dalam menentukan efektivitas proses pembelajaran dan pencapaian akademis siswa. Namun, rendahnya motivasi belajar, terutama pada siswa SD, menjadi tantangan yang masih dihadapi oleh sebagian besar lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan tentang penggunaan Problem-Based Learning (PBL) berbasis media Papan Pintar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 SD. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, dilakukan dua siklus pembelajaran di kelas 1B SDN Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media Papan Pintar dalam pembelajaran efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Siklus pertama menunjukkan rendahnya motivasi dan hasil belajar, tetapi setelah menerapkan PBL berbasis Papan Pintar pada siklus kedua, terjadi peningkatan yang signifikan dalam motivasi dan hasil belajar siswa. Kesimpulannya, penggunaan media Papan Pintar dalam pembelajaran dapat membawa dampak positif yang signifikan terhadap motivasi belajar dan pencapaian akademis siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan penggunaan media Papan Pintar dalam strategi pembelajaran di kelas 1 SD, dengan fokus pada keterlibatan siswa dan pemanfaatan media yang menarik. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran dapat menjadi lebih bermakna dan efektif bagi siswa di tingkat pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., & Handayani, T. (2020). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Materi IPA MI. Jip (Jurnal Ilmiah Pgmi), 6(1), 88-106.

Ariati, J. (2017). Hubungan antara persepsi terhadap metode pembelajaran kontekstual dengan motivasi belajar biologis siswa kelas XI IPA SMA I Pangkalan Kerinci Riau. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro.

Cahyanti, A. E. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan higher order thinking. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny (pp. 83-92).

Gule, Y., & Th, S. (2022). Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Tinjauan Melalui Kompetensi Sosial Dan Keteladanan Guru). Penerbit Adab.

Lase, A. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar. Warta Dharmawangsa, (48).

Masnawati, E., Kurniawan, Y., Djazilan, M. S., Hariani, M., & Darmawan, D. (2023). Optimalisasi Kinerja Akademik Melalui Efikasi Diri, Motivasi Akademik dan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 3(11), 463-471.

Putra, I. K. D. A. S., & Indrayanti, N. L. P. N. M. (2023). The Influence Of Problem Based Learning Methods On Learning Outcomes And Student Motivation In Science Subjects At Sdn 4 Abuan. Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 12(3), 22-30.

Ramangsa, T. (2023). Penerapan Model Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Topik Karakteristik Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi Pada Siswa Kelas X Sma Dharma Pancasila Medan 2022-2023. Jurnal Siklus: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 1(2), 538-546.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi motivasi dalam proses pembelajaran. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33-41.

Sabandar, J. (2013). Berpikir reflektif dalam pembelajaran matematika. Tersedia Di Website: Http://File. Upi. Edu/Direktori/Fpmipa/Jur. _Pend. _Matematika/194705241981031-Jozua_Sabandar/Kumpulan_Makalah_Dan_Jurnal/Berpikir_Reflektif2. Pdf.(Diakses Tanggal 08 Oktober 2017).

Wahyuni, S., & Fitrianti, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Media Interaktif pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Selayar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 712-717.

Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244-250.

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Utami, L. P., Dwijayanti, I., & Untari, M. F. A. (2024). Efektivitas Problem-Based Learning Berbasis Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 SD . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 357–362. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6472

Issue

Section

Articles