Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Penguasaan Membaca Al- Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah

Abstract Views : 201 / Downloads Count: 121

Authors

  • Rifqotul Amanatil Qowiyeh Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Feriska Listrianti Universitas Nurul Jadid Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6378

Keywords:

Madrasah Ibtidaiyah, Membaca Al-Qur’an, Metode Yanbu’a

Abstract

Pembelajaran membaca Al-Qur’an sudah lazim dipelajari disetiap lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Akan tetapi, terdapat masalah yang dihadapi di suatu lembaga seperti penggunaan metode dalam pengajarannya. Latar belakang dari penelitian ini merupakan minimnya keahlian anak didik dalam membaca Al-Qur’an, setelah itu digunakannya metode Yanbu’ a dalam kesuksesan membaca Al-Qur’an pada cara pembelajaran. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengutip lokasi di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sumber Kemuning, Tamanan, Bondowoso. Pengumpulan data didapat dari observasi, wawancara, serta dokumentasi. Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran di Madarasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum dengan menggunakan metode Yanbu’a. Hasil penelitian bahwa penerapan metode Yanbu’a ini di mulai : Pertama, perencaan pembelajaran yaang harus disiapkan oleh guru dan buku panduan bagi siswa. Kedua, proses pelaksanaan pembelajaran dengan diawali pembukaan, kegiatan inti, dan penutup. Ketiga, evaluasi setelah melaksanakan proses pemebelajaran. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan jika pemakaian tata cara Yanbu’a dalam pembelajaran memberikan pengaruh besar dan cukup membantu siswa, sehingga siswa mampu menguaasai dan memahami pembelajaran Al-Qur’an dengan fashih dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

adiva syaifuallah, farah maulida rahmah, fathatus salamah & triana srisantyorini. (2021). penerapan ilmu tajuid dalam pembelajaran al-quran untuk mengembangkan bacaan al-quran.

Afni, S. R. N., & Handayani, D. (2022). Optimalisasi Ketepatan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a di TPQ Nurul Ummah Kepuharjo Malang. Abdimas Indonesian Journal, 2(1), 39–57. https://doi.org/10.59525/aij.v2i1.81

Ananda, R. (2019). Dr. Rusydi Ananda, M.Pd.

El Iq Bali, M. M., & Fatah, M. A. A. (2023). Pengelolaan Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al Qur’an. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 534–540. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4835

faizatul widat, F. R. & P. L. (2022). pembiasaan praktek keagamaan sholat, mengaji, doa, asmaul husna (SMDH) dalam meningkatkan pendidikan moral anak.

Fatah, A., & Hidayatullah, M. (2021). Penerapan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al Qur’an di Pondok Pesantren Darul Rachman Kudus. Jurnal Penelitian, 15(1), 169. https://doi.org/10.21043/jp.v15i1.10749

Fauziyah, N., & Izzah, K. (2021). Pendampingan Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al Qur ’ an Dengan Metode Yanbu ’ a Di TPQ Raudlatus Salam Kencong Kepung Kediri. JPMD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa, 2(2), 245–255.

Fitriyah, S. L., & Aisyah, N. (2021). Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Didik Tpq Al-Azhar Prenduan Kepanjen Jember. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 22–41. https://doi.org/10.52166/talim.v4i1.2179

Hambali, H., Rozi, F., & Farida, N. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Audio Visual. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 872–881. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1180

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697

Hidayat, F. N., & Ismawati, U. (2022). Implementasi Metode Yanbu’a Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an. JCARE: Journal Of Children’s …, 45–52. http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/pgmi16/article/view/188%0Ahttp://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/pgmi16/article/download/188/171

Hijaiyah, H., Santri, P., & Tuban, T. P. Q. A. (2018). Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 nomor II, edisi Juli – Desember 2018. 3, 110–119.

KH. Ulin Nuha Arwani, K. U. A. A. & K. M. M. M. (2023). Yanbu’a.

Palufi, A. N., & Syahid, A. (2020). Metode Yanbu’a Sebagai Pedoman Membaca Al-Qur’an. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1), 32. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.21

Rahmawati, R. D., & Aisyah. (2021). Penerapan Metode Yanbu ’a pada Program Tahfidz Al Qur ’an Di Pondok Pesantren Hasbullah Tambak Beras. Jurnal Education and Development, 9(4), 439–442.

Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31

ridhatuallah assya’bani, anita sari, elfa hafidzah & faizatul hasanah, M. (2021). pemebelajaran tajwid dan tahsin al-quran dengan metode qira’ati dirumah belajar mahasiswa kkn desa hambukuhulu.

Sa’diyah. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 73–74.

Suriah, M. (n.d.). Metode Yanbu ’ a untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Kelompok B-2 RA Permata Hati Al-Mahalli Bantul. 3(November 2018).

Tanfidiyah, N. (2017). Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Baca Tulis Alquran pada Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 2, 109–120. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/63

Waqfin, M. S. I., Asshidiq, N. F. H., Abadi, S. C., & Wulandari, L. (2022). Pelatihan Membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Yanbu’a bagi Guru TPQ di Desa Pulorejo Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 132–135. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v3i3.3182

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Qowiyeh, R. A., & Listrianti, F. (2024). Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Penguasaan Membaca Al- Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 163–172. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6378

Issue

Section

Articles